Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Rumah Modern Berfungsi Ganda

Kompas.com - 03/07/2013, 13:05 WIB
Tabita Diela,
M Latief

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Rumah bernama "Arrow" ini berada di daerah pemukiman padat Shinagawa, Tokyo, Jepang. Berbeda dengan rumah-rumah lain di sekitarnya, hasil karya Satoshi Kurosaki dari Apollo Architects & Associates ini memang tampak menonjol, terutama karena bentuknya unik dan nuansa warna putih di sekujur bangunan berangka baja tersebut.

Dalam konstruksi unik ini tidak hanya terdapat sebuah rumah tinggal. Apollo Architects & Associates membuat konstruksi dua lantai tersebut juga mampu memberikan akomodasi bagi sebuah studio fotografer.

Rumah ini berdiri di atas tanah seluas 118,36 meter persegi. Total luas bangunannya sendiri mencapai 84,22 m2 dengan dua lantai yang masing-masing seluas 42,11 m2.

Pada lantai pertama terdapat ruang studio dan sebuah kamar tidur. Sementara di lantai kedua berisi ruang keluarga berkonsep open-plan dan sebuah dapur.

Sebuah tangga ramping juga mengarahkan pemilik rumah ke loft mezanin. Mezanin tersebut dapat berfungsi sebagai kamar tidur bagi tamu atau ruang bermain bai anak-anak.

Dilihat dari luar, rumah ini tampak asimetris karena atapnya yang unik. Jendela besar berada di dinding atas, mendekati langit-langit dan atap. Jendela tersebut mampu memberikan sinar matahari cukup bagi seisi rumah tanpa perlu membuat pemilik rumah harus berhadapan langsung dengan tetangga sekitar.

"Pemandangan langit yang tidak terhalang dari jendela atap memberikan efek pemiliknya lupa bahwa rumahnya berada di area residensial padat penduduk," ujar Kurosaki.

Dengan kegunaan ganda, Arrow dapat disebut sebagai Small Office, Home Office (SOHO). Bangunan tersebut banyak menggunakan dinding-dinding kaca bagi studio foto dan lantai pertamanya. Meski berukuran relatif kecil, namun jendela-jendela besar tersebut membuat penghuni di dalamnya terasa nyaman dan luas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com