Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Ramadhan, Pasar Rumah Subsidi Bakal Sepi

Kompas.com - 03/07/2013, 11:43 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Perumahan Rakyat Sri Hartoyo, Selasa (2/7/2013) sore, memaparkan kemajuan penyerapan KPR bersubsidi melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan hingga Juni 2013. Hal tersebut diungkapkan di sela-sela acara groundbreaking rumah susun sederhana sewa bagi para pekerja di Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur.

Sri memaparkan, jumlah penyerapan FLPP per Juni 2013 sudah mencapai kisaran 45.600 unit atau setara dengan Rp 2,295 triliun. Menurut dia, jumlah ini jauh lebih bagus dibandingkan tahun lalu dan masih lebih baik dibandingkan dengan 2011 yang mencapai 33.000 unit.

Namun, Sri mengatakan, penyerapan rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah akan turun pada bulan Ramadhan nanti. Namun, hal tersebut akan segera kembali pada kondisi normal segera setelah bulan puasa usai.

"Masyarakat akan disibukkan dengan pemenuhan berbagai kebutuhan menjelang hari raya," ujarnya.
 
Sebagai perbandingan, pada Mei 2013 lalu, Sri sudah menyampaikan bahwa Kemenpera telah menyalurkan 22.385 unit hunian dengan skema FLPP atau setara Rp 1,121 triliun. Jumlah FLPP itu masih belum memenuhi target sebanyak 121.000 dalam setahun ini. Dengan kata lain, target yang sudah terpenuhi saat itu baru 20 persen. Sri mengaku optimistis target itu terpenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com