Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mandi Sekaligus Membaca? Gunakan Alat Ini....

Kompas.com - 28/06/2013, 18:33 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Teknologi, selain memudahkan juga membuat hidup manusia lebih berwarna. Bayangkan hidup tanpa teknologi, mungkin kita masih menggunakan obor sebagai sumber cahaya atau keran bambu untuk mengalirkan air.

Dengan teknologi, sumber cahaya dan "pengalir" air tersebut bisa menyatu menjadi satu saja peralatan namun berfungsi ganda. Adalah Hansgrohe, perusahaan produsen alat-alat kamar mandi dari Jerman yang melakukan inovasi atas kedua peralatan berbeda tersebut. Mereka  bekerja sama dengan Nendo, perusahaan desain asal Jepang yang diketuai oleh Oki Sato, menciptakan "Axor Waterdream".

Oki Sato, atas nama Nendo, menghasilkan sebuah shower yang sekaligus berfungsi sebagai lampu. Axor merupakan produk eksklusif Hansgrohe. Lewat "Axor Waterdream", perusahaan tersebut mencitrakan kamar mandi sebagai ruang di mana segala aktivitas harian dapat berjalan lancar.

"Tujuan saya adalah menggabungkan hal yang paling dasar mengenai living space, yaitu pencahayaan, dengan air. Jadi, memberikan tambahan pada shower, dalam bentuk yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Hasilnya sesuatu yang tidak hanya berfungsi sebagai shower, atau sekedar menjadi lampu, tapi bukan hybrid. Trik sulap dengan menggunakan cahaya dan air dalam kehidupan sehari-hari," ujar Oki Sato.

Salah satu orang yang bertanggung jawab di balik produk-produk Hansgrohe, Philippe Grohe, memiliki pendapatnya sendiri mengenai "Axor Waterdream". Ini merupakan perpaduan alami antara cahaya dan air yang awalnya spasial, namun dapat bersinergi dengan maksimal.

Lampu dan air secara tradisional berada pada tempat terpisah, misalnya membaca di bawah lampu di ruang keluarga, mandi dengan shower di kamar mandi. Kini kedua aktifitas tersebut dapat dialami dari satu lokasi.

Dalam presentasi media Designboom, "Axor Waterdream" terlihat memiliki dua cara instalasi. Yang pertama tampak seperti lampu gantung. Instalasi kedua merupakan lampu lantai, seperti yang biasa ada pada ruang membaca dan ruang keluarga. Kedua jenis lampu tersebut diwarnai dengan warna putih.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com