Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Musik Pop Taipei Siap Mendunia!

Kompas.com - 26/06/2013, 13:38 WIB
Tabita Diela

Penulis


TAIPEI, KOMPAS.com -
Taipei siap menguasai musik dunia. Tak main-main, negara ini tengah mengembangkan sebuah kawasan yang dirancang sebagai pusat industri musik pop. Ini merupakan sarana kreatifitas yang didedikasikan khusus bagi pekerja seni, artis dan pemusik pop Negeri tersebut.

Taipei Pop Music Center ini memulai prosesi "groundbreaking", Selasa (25/6/2013) waktu setempat. Dengan mengawali pembangunan gedung ini, Taipei secara resmi mengukuhkan pusat musik pop baru. Bangunan ini juga sekaligus sebagai manifestasi fenomena global yang ditimbulkan oleh para pemusik dan artis Taiwan.

Bentuk arsitektural Taipei Pop Music Center sangat unik dan tidak biasa. Reiser + Umemoto, desainer asal New York, Amerika Serikat, merancangnya dalam tiga struktur monumental. Masing-masing struktur mewakili penggunaan yang berbeda. Tentu, karena bentuk uniknya, setelah berdiri bangunan tersebut dapat segera menjadi pusat perhatian.

Ketiga bangunan utama dalam kompleks ini adalah "Industry Shell", "Hall of Fame", dan "Main Hall". Setiap bangunan utama akan dihubungkan oleh ruang-ruang "outdoor" yang sekaligus berfungsi sebagai ruang ritel yang menjual makanan dan souvenir.

www.designboom.com Taiwan membangun sentra dan fasilitas terkait genre musik popular sebagai manifestasi fenomena global yang ditimbulkan oleh para pemusik dan artis setempat.

Di ujung ruang "outdoor" tersebut, salah satunya, akan ada Courtyard and Industry Shell, sebuah tempat pertunjukan terbuka yang berkapasitas 3.000 orang. Di dalam "telur kristal" tersebut juga terdapat studio rekaman canggih, cafe, dan bar dengan panggung mungil untuk penampil-penampil pemula.

www.designboom.com Bentuk bangunannya unik dan tidak biasa. Reiser + Umemoto, desainer asal New York, Amerika Serikat, merancangnya dalam tiga struktur monumental.

Sedangkan "The Hall of Fame" yang berbentuk kubus, akan menjadi "rumah" bagi museum perkembangan musik pop Taiwan, "perpustakaan" karya para pemusik, dan ruang pamer.

www.designboom.com Setiap bangunan utama akan dihubungkan oleh ruang-ruang

Terakhir, "Main Hall" yang berukuran besar dapat menampung 5.000 tempat duduk. Ruangan tersebut dapat digunakan sebagai ruang pertunjukan utama. Ia memiliki bentuk menyerupai kipas.

www.designboom.com Di ujung ruang

Menurut kampanye video yang dirilis oleh perusahaan Reiser + Umemoto, kompleks Pusat Musik Pop tersebut menggabungkan konsep bangunan-bangunan skulptural dan taman. Kompleks ini ditargetkan menjadi tujuan rekreasi dan penampilan para pemusik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com