Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2013, 15:08 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com -Tak salah jika Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Munichy B Edrees mengatakan bahwa arsitek adalah "wakil Tuhan" di dunia. Arsiteklah yang menciptakan karya berupa ruang-ruang yang dihuni manusia pada masa lalu, kini, dan akan datang.
 
Dengan imajinasinya, arsitek dapat menghasilkan sebuah karya yang bahkan tak pernah terpikirkan sebelumnya oleh manusia biasa. Karya mereka bisa mengubah kehidupan manusia.

"Ada dua karya arsitek di dunia. Pertama, karya yang bisa meningkatkan kualitas hidup manusia. Kedua, karya itu justru merusaknya. Namun, ketika sang arsitek berkesadaran memilih yang pertama, maka itu akan menjadi karya yang dapat dikenang sepanjang masa," ujar Munichy kepada Kompas.com di Jakarta, pekan lalu.
 
Untuk melihat lebih jauh soal kesadaran itu, berikut ini lima dari 15 karya arsitek dunia dinilai paling unik versi www.constructionweekonline.com, yang mungkin bisa dikenang sepanjang masa:
 
1. Space Hotel (Hotel Ruang Angkasa)
Ini merupakan rancangan yang diusulkan oleh Morvan untuk dikembangkan di Barcelona, Spanyol. Desain hotel ini memicu kontroversi karena tidak sesuai dengan langgam arsitektur lokal dan dianggap tidak sejalan dengan visi kota di Catalunya itu.

www.evolo.us Light Park merupakan karya hasil kompetisi Skyscraper eVolo milik Ting Xu Chen dan Xinmin. Karya ini berupa gedung pencakar langit yang mengadopsi konsep mengambang seringan filosofi cahaya (light).

2. Light Park

 
Light Park merupakan karya hasil kompetisi Skyscraper eVolo milik Ting Xu Chen dan Xinmin. Karya ini berupa gedung pencakar langit yang mengadopsi konsep mengambang seringan filosofi cahaya (light).

3. Asia Cairns
 

www.designboom.com Filosofi rancangan Vincent adalah

Vincent Callebaut mengusulkan rancangan untuk dikembangkan di kota Shenzen, China. Desainnya mengakomodasi permasalahan populasi akut akibat migrasi urban. Filosofi rancangan Vincent adalah "eco-vision". Ia memanfaatkan tenaga matahari, angin dan juga air sebagai kekuatan energi yang dapat dikonsumsi penghuninya.

4. Blue Plan (Tredje Natur)
 
Ini merupakan rancangan yang dari serangkaian pulau buatan bernama Blue Plan. Desain pulau ini komprehensif dan membantu proyek pembangunan kota agar dapat dikelola dengan memanfaatkan kondisi alam, seperti memanfaatkan air hujan. Proyek ini menawarkan berbagai strategi pragmatis dengan cara "merebut" kembali 20 persen dari luas jalan dengan mengoptimalkan infrastruktur dan tempat parkir sesuai dengan standar saat ini.

www.bustler.net Karya MVRDV ini pernah menjadi isu yang heboh dan

5. Peruri 88

 
Karya MVRDV ini pernah menjadi isu yang heboh dan "panas" di Jakarta. Pencakar langit ini menempati lokasi di lahan aset Peruri di Blok M, Jakarta Selatan. Proyek ini mengintegrasikan hunian, kantor, hotel, dan ruang komersial lainnya dalam masa bangunan yang saling "bertabrakan".
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com