Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perabot-perabot Unik di Kantor Google

Kompas.com - 17/06/2013, 18:52 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Kantor-kantor Google di seluruh dunia menawarkan iklim kerja yang menyenangkan bagi para karyawannya. Ruang-ruang luas berkonsep unik umumnya menjadi salah satu karakter utama kantor-kantor tersebut.

Kali ini, perabot unik kantor Google atau disebut juga dengan Google Campus di Dublin, Irlandia, yang menjadi sorotan. Perabot unik di kantor tersebut merupakan karya Camenzind Evolution.

Kursi, sofa, dan meja penuh warna, serta ornamen-ornamen unik berbentuk tulisan "GOOGLE" tersedia dalam kampus ini. Tak hanya itu. Bilik-bilik ruang kerja unik juga siap menjadi "rumah" bagi karyawan Google.

www.contemporist.com Kursi, sofa, dan meja penuh warna, serta ornamen-ornamen unik berbentuk tulisan
Google Campus di Dublin merupakan kompleks empat bangunan dengan 47.000 meter persegi ruang kantor unik. Tidak hanya sekumpulan pekerja yang berhubungan dengan komputer, Google Campus ini juga menjadi kantor bagi tenaga pemasaran Google dan finansial dari 65 negara dengan lebih dari 45 bahasa.

Untuk mengakomodir sejumlah besar karyawan berlatarbelakang kebudayaan dan kebutuhan berbeda, tim arsitektur dari Swiss, Camenzind Evolution, bekerja sama dengan perusahaan lokal Henry J. Lyons Architects. Lyons membangun ruang-ruang unik, penuh sinar matahari, dan tampak sangat ceria.

Kantor ini memang harus dibuat dengan serius. Pasalnya, kantor ini merupakan kantor pusat Google Uni Eropa yang melayani penjualan terpusat di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Kini, dari keempat gedung dalam kampus itu, satu gedung tertingginya merupakan gedung dengan 14 lantai yang diberi nama "Google Docs". Gedung ini juga merupakan gedung tertinggi di Dublin. Selain gedung tersebut, ketiga gedung lainnya bernama "Gaswork House", "Gordon House", dan "1GC".

www.contemporist.com Seluruh lantai, khususnya untuk gedung tertinggi tersebut, mencerminkan nilai-nilai yang

Seluruh lantai, khususnya untuk gedung tertinggi tersebut, mencerminkan nilai-nilai yang "dianut" Google, yaitu "Search" untuk pencarian informasi cepat, "Appiness" untuk Google Apps, "Be Green" untuk fokus Google pada ekologi, "@Home" untuk kenyamanan seperti berada di rumah, "Create" atau kemampuan untuk mengekspreskan kebebasan dan keterbukaan pikiran, "Organize" untuk misi mengatur informasi dan membuatnya mampu diakses siapa pun, serta "Innovate" untuk mengekspresikan karakter mutakhir, dinamis, dan progresif Google.

www.contemporist.com Adapun area utama masing-masing lantai berperan sebagai penghubung ruang-ruang, tergantung pada fungsi lantai tersebut. Misalnya, untuk ruang kerja, dapur mungil, ruang rapat, ruang kerja alternatif, area permainan, pusat kebugaran, atau bahkan kolam renang.

Adapun area utama masing-masing lantai berperan sebagai penghubung ruang-ruang, tergantung pada fungsi lantai tersebut. Misalnya, untuk ruang kerja, dapur mungil, ruang rapat, ruang kerja alternatif, area permainan, pusat kebugaran, atau bahkan kolam renang.

Sumber: www.contemporist.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com