Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Amerika Membangun Kawasan Bencana

Kompas.com - 15/06/2013, 15:32 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Kompetisi arsitektur tidak selamanya bertitik tolak pada gengsi dan inovasi mutakhir. Kali ini, American Institute of Architects (AIA), Make It Right, St. Bernard Project, dan Architecture for Humanity bekerja sama menggelar kompetisi bertajuk "Designing Recovery". Program kerja sama tersebut bertujuan membantu pembangunan kembali komunitas korban bencana alam di beberapa titik bencana di Amerika Serikat.

Kompetisi ini akan dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu New Orleans, Joplin, dan New York. Di tiga lokasi tersebut, organisasi nirlaba yang terlibat sudah terlebih dahulu membantu proses adaptasi kembali korban bencana alam. Meski hanya berkonsentrasi pada tiga lokasi dan komunitas, pihak penyelenggara ingin agar desain yang masuk mampu juga membantu lokasi lain.

Panitia akan mengumpulkan kiriman portofolio desain. Setiap desain diharapkan fokus pada tujuan peningkatan kualitas hunian di tiap komunitas. Desain yang masuk ke penyelenggara akan dipublikasikan seusai penutupan kompetisi. Selain itu, rumah yang menggunakan desain hasil kiriman peserta akan ditempatkan secara "online" pada forum bangunan ramah lingkungan, Architecture for Humanity’s Open Architecture Network dan Make It Right’s Laboratory.

Menurut situs resmi kompetisi ini, kiriman desain akan ditempatkan pada portofolio pilihan dan akan diberikan pada komunitas setempat. Dengan cara ini, sponsor dapat turut berkontribusi. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah total 30.000 dollar AS (Rp 297 juta) untuk tiga lokasi.

Presiden AIA Mickey Jacob mengatakan, "Kompetisi ini bukan mengenai penggantian apa yang telah hilang, namun mengenai pembangunan kembali sesuatu yang lebih baik."

Kompetisi akan ditutup pada 15 Agustus 2013, dan arsitek pemegang lisensi Amerika Serikat tidak diperkenankan berpartisipasi. Namun demikian, ide dan semangat yang dicetuskan  organisasi nirlaba ini tentu dapat dicontoh oleh organisasi-organisasi arsitektur Indonesia. Terlebih, ancaman bencana alam di Indonesia juga tidak sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com