Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Markas Besar Amazon Bisa Diteropong dari Luar

Kompas.com - 14/06/2013, 13:10 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Kreativitas dan imajinasi melahirkan langgam arsitektur yang menarik, estetik sekaligus artistik. Markas besar Amazon berikut ini juga lahir dari rahim kreatifitas dan imajinasi perancangnya, NBBJ.

Amazon berencana membangun tiga kubah (dome) transparan sebagai bagian dari kompleks markas baru mereka di Seattle, Amerika Serikat. "Mabes" ini menciptakan relasi pekerjaan dan lingkungan sosial yang harmonis bagi karyawannya. Pendek kata, desainnya dirancang sebagai bangunan ramah lingkungan.

Tujuan NBBJ merancang tiga "dome" transparan ini adalah kembali kepada kehidupan alam dengan penciptaan lingkungan alternatif. Lingkungan baru ini memungkinkan karyawan Amazon dapat bekerja, bersosialisasi dan berinteraksi secara lebih alami.

Bangunan kubah-kubah biologis ini meliputi tiga blok dengan ketinggian mencapai 95 kaki dengan fitur ruang yang dapat menampung pohon-pohon dan "ekologi pegunungan" dari  seluruh dunia.

Setiap kubah akan mencakup ruang kerja, area untuk bersosialisasi, ruang pertemuan, ruang makan serta berbagai "zona botani."

Bentuk bangunan kubah, secara visual mirip dengan rumah kaca. Terdiri atas lapisan kaca yang disangga oleh kerangka logam. Sehingga bisa diteropong oleh siapa pun yang melihatnya dari luar.

Selain itu, Amazon juga memilih tanaman yang akan ditanam di sekeliling kubah. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk hidup berdampingan dalam iklim mikro bersama manusia di sekitarnya.

Selain sebagai kantor pusat Amazon, publik juga dapat mengunjungi tempat ini secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com