Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman "Mungil" di Apartemen Mungil Anda

Kompas.com - 12/06/2013, 13:58 WIB

KOMPAS.com - Udara segar di sebuah apartemen mungil bisa tercipta berkat kehadiran taman hijau yang juga mungil di dalamnya. Ya, memilih tinggal di apartemen berukuran studio tak berarti Anda tidak bisa menciptakan lingkungan hijau dan teduh, bukan?

Anda memang perlu sedikit berkreasi untuk membuat taman atau menciptakan nuansa hijau taman di apartemen mungil Anda, terutama kreasi memanfatkan keterbatasan ruang di dalamnya. Anda perlu menyimak beberapa langkah berikut ini:

Tanaman pot

Kreasi paling mudah menghadirkan kehijauan di apartemen mungil Anda adalah dengan tanaman pot. Tanaman pot adalah jalan keluar paling sederhana untuk mengakali keterbatasan ruang. Anda hanya perlu menyediakan tanaman dalam pot, lalu menampilkannya dengan beberapa bentuk taman.

Membuat taman vertikal misalnya, Anda hanya perlu menggantung pot-pot atau membuat media tanam "berdiri" di teras apartemen. Anda juga bisa memanfaatkan lokasi di sekitar jendela apartemen untuk menempatkan pot berbagai tanaman, railing atau pegangan di sekitar teras, dan tembok di sekitarnya sebagai "lokasi taman".

Anda pun bisa membuat teranium untuk hiasan di dalam apartemen Anda. Anda hanya perlu mencari wadah kaca, kemudian masukkan sekitar 4 cm pasir atau batu ke dasar wadah kaca. Setelah itu, masukkan tanah setinggi beberapa centimeter dan masukkan tanaman-tanaman yang tumbuh dengan lambat, seperti sukulen.

Lanskap utuh

Anda perlu membiarkan rumput, tanaman semak, atau bunga hadir di apartemen Anda. Meskipun teras berada di atap, keberadaan tanaman justru dapat menurunkan suhu ruangan di bawahnya. Hanya, perlu Anda pastikan adanya saluran air dan sistem drainase yang baik sebelum menanam rerumputan.

Pilihan perabot

Salah satu manfaat utama taman di apartemen mungil Anda tentu sebagai tempat bersantai dan rileks. Untuk itu, kehadiran kursi atau tempat duduk adalah unsur penting bagi taman ini. Dengan demikian, Anda dapat memilih aneka perabot terbuat dari rotan.

Berbeda dengan perabot berbahan besi, kursi rotan tidak akan bertambah panas di bawah terik matahari. Anda dapat duduk dengan tetap nyaman di atas kursi tersebut.

Sebagai bantalannya, Anda bisa memilih bahan khusus perangkat outdoor yang kuat terhadap paparan sinar matahari dan hujan.

Manfaatkan pergola dan tirai

Anda bisa membuat ruangan lebih teduh dengan membangun pergola. Dengan pergola, Anda dan keluarga akan lebih terlindung dari sinar ultraviolet.

Selain pergola, Anda juga bisa dianjurkan memasang tirai di sekeliling teras apartemen Anda. Dengan memasang tirai krepyak di sekeliling teras, Anda akan mendapatkan privasi lebih. Selain itu, privasi juga bisa Anda dapatkan dengan menanam bambu, atau menumbuhkan tanaman di pagar Anda.

Tanaman obat

Untuk Anda yang belum yakin akan jenis tanaman yang ingin ditanam, Anda bisa mencoba menanam tanaman bumbu atau obat, terutama bumbu dan obat yang sering digunakan atau untuk memasak. Ini pun lebih efisien secara ekonomi.

Elemen air

Sebagai tambahan dan penghias, Anda bisa menghadirkan elemen air seperti air mancur mini. Suara percikan air dapat menenangkan pikiran dan jiwa Anda di tengah hiruk-pikuknya suasana kota di siang dan malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com