Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Dilirik Pemain Hotel Dunia

Kompas.com - 05/06/2013, 13:44 WIB

KOMPAS.com -  Indonesia, dengan jumlah populasi yang besar merupakan target pasar potensial untuk pengembangan bisnis perhotelan. Beberapa jaringan internasional sudah membuka dan mengoperasikan hotelnya di sini. Sebut saja, Starwood Hotels and Resorts Worldwide yang mengelola merek-merek berkualifikasi kelas atas; Sheraton, Westin, Le Meridien, St. Regis, Luxury Collection dan W Hotel. Belum lagi Grup Hyatt, Bvlgari, Banyan Tree, dan merek-merek mewah lainnya.

Hilton Worldwide dan Carlson Rezidor Hotel Group menganggap Indonesia adalah pasar masa depan dengan pertumbuhan ekonomi yang positif. Bahkan proyeksi pada 2030 nanti, Indonesia akan muncul dalam daftar tujuh negara dengan perekonomian terbesar.

Menurut Presiden dan CEO Hilton Worldwide Christopher J. Nassetta, orientasinya saat ini pada pertumbuhan usaha dengan membidik pasar-pasar potensial yang pesat pertumbuhannya.

"Selain fokus pada dua negara besar seperti China dan India, kami juga melihat Indonesia sebagai pasar yang benar-benar penting. Bersama dengan Malaysia, Vietnam dan Thailand," ujar Nassetta.

Di Indonesia, Hilton eksisting yang ada di Bandung, akan dikembangkan juga ke Jakarta dan Bali, dan kemungkinan ke kota lainnya.  Sementara itu, DoubleTree by Hilton yang berkualifikasi bintang empat akan dibangun di kawasan Menteng, Jakarta, pada triwulan III-2013. Hilton Garden Inn juga akan segera dibangun dengan sasaran segmen menengah atas dan menengah. Sementara Hampton by Hilton baru akan digarap setelah hotel-hotel dengan segmen menengah hingga atas itu terbangun.

Pasar besar Indonesia yang potensial juga dilihat oleh Carlson Rezidor Hotel Group. Sebagai bagian dari strategi bisnis mereka yang mengincar pasar global, Carlson tak mungkin melewatkan negara dengan pertumbuhan kelas menengah yang menakjubkan. Data statistik menunjukkan kelas menengah Indonesia sekitar 19 juta jiwa pada Mei 2003, dan 10 tahun kemudian tumbuh menjadi 131 juta jiwa tahun 2013.

Presiden dan CEO Carlson Rezidor Hotel Group Trudy Rautio, perusahaannya akan memperkuat rekam jejak di Asia dengan mengembangkan hotel di Indonesia. Menyusul kinerja positif properti mereka di India.

"Kami melihat peluangnya, potensi jangka panjang yang sangat besar. Meski pun negara berkembang memiliki kekurangan dalam hal infrastruktur, namun tren wisatawan internasional lintas negara semakin menguat. Mobilitas kian tinggi yang didukung kemudahan imigrasi dan juga penerbangan yang murah dan mudah," imbuh Rautio.

Carlson Rezidor mengelola hotel-hotel Radisson, Radisson Blu, Park Plaza, Park Inn by Radisson, Country Inn and Suites by Carlson dan Missoni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com