Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Murah dan Mudah Merenovasi Dapur

Kompas.com - 01/06/2013, 14:37 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Bagi Anda yang sibuk, akhir pekan semestinya tidak hanya menjadi waktu beristirahat, tetapi juga kesempatan berkumpul bersama keluarga, menata rumah, dan mengerjakan berbagai hobi.

Berikut ini tips menata kembali dan mempercantik tampilan dapur di rumah dengan biaya relatif murah, tetapi memberikan lebih banyak keuntungan bagi Anda. Manfaatkan tips berikut ini untuk menata kembali serta mempercantik dapur Anda di akhir pekan yang berharga.

1. Ganti perkakas mungil

Pertama-tama mulailah dengan hal yang paling sederhana, seperti mengganti kenop laci, lemari dapur, atau gantungan handuk. Hal-hal detail semacam ini mampu memberikan nuansa baru bagi dapur Anda.

2. Tampilan baru rak terbuka

"Kitchen cabinet", "open shelving" atau rak terbuka akan tepat guna jika Anda sering kali terburu-buru dan meraih peralatan memasak dengan mudah serta praktis. Selain itu, rak terbuka sebenarnya juga cocok Anda gunakan sebagai lokasi penyimpanan peralatan makan koleksi yang cantik. Tunggu apa lagi, segera "copot" pintu lemari dapur Anda!

3. Cat "kitchen cabinet"

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan lemari dapur. Selain memberikan tampilan baru, yaitu mencopot pintunya, Anda juga dapat mengecat "kitchen cabinet"  baik bagian dalam maupun bagian luarnya. Kedua hal tersebut dapat memberikan kejutan unik.

Sebagai contoh, jika dapur Anda penuh dengan warna putih, berikan cat warna biru di bagian depan lemari. Atau, biarkan lemari Anda tetap berwarna putih. Cat hanya bagian dalam lemari dengan warna biru. Jadi, ketika membuka lemari dapur, Anda akan mendapatkan "kejutan" kecil.

4. Warnai langit-langit dapur

Berikan kesan unik dan kontemporer pada dapur mungil dengan mengecatnya menggunakan warna-warna kesukaan Anda. Bagian langit-langit sudah terlalu sering "dilupakan". Maka, tidak ada salahnya Anda "mendandani" bagian tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com