Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan PM Australia Jual Rumah Seharga Rp 21,5 Miliar

Kompas.com - 31/05/2013, 14:31 WIB

KOMPAS.com -  Berita satu ini menjadi perhatian seantero benua Australia. Pasalnya, melibatkan seorang mantan petinggi Negeri Kangguru, Kevin Rudd. Mantan Perdana Menteri periode 2007-2010 ini telah mendaftarkan kediamannya di Canberra kepada agen properti untuk dijual dengan harga penawaran senilai 2,25 juta dollar Australia (Rp 21,5 miliar).

Rumah tersebut berjarak hanya lima menit berkendara dari Gedung Parlemen Australia. Oleh karena itu, peristiwa "penjualan rumah" ini menyita perhatian publik dan diperkirakan menarik minat banyak investor.

Rudd dan istrinya Therese membeli rumah seluas 465 meter persegi di pinggiran Yarralumla tersebut tahun 2010. Mereka pindah akhir 2011 setelah putra mereka Marcus menyelesaikan sekolahnya di Canberra.

Rudd yang berusia 55 tahun menjadi perdana menteri ketika Partai Buruh memenangkan kekuasaan dalam pemilu November 2007. Mantan diplomat, yang mewakili kursi Griffith di Brisbane, digulingkan dalam kudeta "larut malam" yang dirancang Perdana Menteri Julia Gillard Juni 2010. Rudd gagal meraih kembali kekuasaan tahun 2012  dan mundur dari jabatannya sebagai menteri luar negeri.

Menurut situs broker Allhomes, harga penawaran rumah Rudd merupakan yang terbaik. Seiring dengan banyaknya investor asing yang membeli properti di Australia.  April lalu saja, harga rata-rata rumah di Canberra naik 2,7 persen menjadi 495.000 dollar Australia (Rp 4,6 miliar) ketimbang priode yang sama tahun sebelumnya. Sementara harga rata-rata rumah di Yarralumla senilai 1 juta dollar Australia (Rp 9,4 miliar).

Rudd membeli rumahnya tersebut September 2010 seharga 2.175.000 dollar Australia (Rp 20,5 miliar). Rumah ini memiliki empat kamar mandi, oven ganda di dapur dan area hiburan luar ruang serta kolam renang. Para penyewa yang berasal dari Australia dan mancanegara diperkirakan akan mengunjungi rumah tersebut Juni besok.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com