Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kreatif Manfaatkan "Hanger" Bekas

Kompas.com - 30/05/2013, 11:02 WIB

KOMPAS.com  Tahukah Anda, gantungan baju yang terbuat dari besi sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain? Jika Anda menemukan gantungan-gantungan baju dari besi dengan cat mengelupas, bentuk sudah tidak lagi sempurna, atau Anda sudah tidak lagi ingin menggunakannya, gantungan atau "hanger" tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegunaan lain.

Berikut ini cara "mendaur ulang" gantungan tersebut.

1. Alat pembersih pipa

Gantungan baju yang terbuat dari besi umumnya cukup fleksibel untuk Anda gunakan sebagai pembersih pipa. Jika tidak memiliki "drain snake", tidak ada salahnya Anda memanfaatkan gantungan baju untuk membersihkan rambut penyumbat saluran atau kotoran-kotoran lain.

2. Penggantung tisu gulung

Anda juga bisa menggunakan gantungan besi sebagai penggantung tisu gulung di dapur atau di kamar mandi Anda. Selain praktis, cara ini juga mampu menghemat biaya.

3. Dekor ekletik

Manfaatkan gantungan baju yang tidak terpakai untuk menggantung kartu-kartu ucapan, kartu pos, atau foto-foto Anda. Cara ini akan sangat menarik, terutama jika Anda memiliki dekorasi rumah bernuansa ekletik, perpaduan antara dekor klasik dan modern yang nyaman.

4. Penyangga tanaman

Cara pemanfaatan gantungan baju yang terakhir ini sepertinya sudah umum dilakukan. Namun, tidak ada salahnya mengingatkan Anda bahwa gantungan tersebut bisa Anda gunakan sebagai penyangga tanaman. Entah itu tanaman yang perlu dibuat "berdiri" atau tanaman merambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com