Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Setinggi 1 Kilometer Segera Dibangun

Kompas.com - 26/05/2013, 09:38 WIB

KOMPAS.com - Dua kelompok usaha properti ternama; Dubai Properties dan Emaar Properties sepakat berkolaborasi merilis ulang The Lagoons di kawasan tepi air Dubai, Uni Emirat Arab. Pekerjaan konstruksi akan dimulai segera setelah prosesi rilis ulang ini.

Dua raksasa pengembang negeri petrodollar tersebut merencanakan pengembangan terintegrasi berkonsep one stop living, termasuk di dalamnya sebuah tower dengan ketinggian 1 kilometer (1.000 meter). Menara ini akan menjadi ikon baru kota Dubai, mengalahkan Burj Khalifa yang lebih dulu dibangun dan beroperasi.

Pimpinan Emaar Mohammed Alabbar baru-baru ini mengungkapkan hasratnya ingin membangun sebuah "supertall" yang akan menyalip ketinggian Burj Khalifa. Ia mengatakan akan merealisasikan mimpinya itu sesegera mungkin.

Tak tanggung-tanggung, Emaar mengalokasikan dana senilai 64 miliar Dirham atau setara Rp 169,8 triliun untuk membiayai proyek yang sempat terhenti pada 2011 seiring iklim ekonomi yang tidak kondusif.

Penangguhan proyek yang memiliki bangunan seluas 6,5 juta meter persegi tersebut, mencakup lebih dari tujuh pulau buatan yang berisi apartemen, pusat belanja, perkantoran, hotel, resor, museum, dermaga dan Gedung Opera. Daya tarik proyek ini sesungguhnya adalah Dubai Towers, sebuah klaster yang merangkum empat gedung pencakar langit berbentuk api unggun.

Tak hanya pembangunan fisik yang dilanjutkan kembali, rancangan arsitekturalnya pun mengalami beberapa revisi. Pendek kata, tak ada tempat untuk bangunan pencakar langit dengan desain serupa dan biasa di The Lagoons wajah baru ini. Semua serba modern dan futuristik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com