Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Murah, Aksesnya Tak Mudah...

Kompas.com - 25/05/2013, 18:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta, memiliki hunian di dalam kota adalah mimpi besar. Saat harga-harga properti membubung tinggi, yang bisa dilakukan adalah mencari peluang tambahan penghasilan. Dengan begitu, mimpi Anda tak tersimpan, alih-alih terealisasikan.

Jangan putus harapan, karena masih banyak perumahan yang didedikasikan untuk masyarakat marjinal berpenghasilan rendah (MBR). Contohnya Bojong Gede Green Park, Gemilang Property, Dramaga Cantik Residence dan lain-lain. Kisaran harganya mulai dari Rp 88 juta hingga Rp 250 juta per unit.

Bojong Gede Green Park yang dikembangkan Andalusia Realty Indonesia bisa menjadi pilihan. Lokasinya lumayan jauh dari stasiun Bojong Gede, dan bisa dijangkau menggunakan kendaraan umum atau ojek. Andalusia mematok portofolionya ini seharga mulai dari Rp 250 juta untuk unit rumah ukuran 45/85. Dramaga Cantik Residence juga dapat dimiliki hanya dengan dana sebesar Rp 250 jutaan untuk tipe 28/90. Sementara perumahan-perumahan yang dibangun Gemilang Property dibanderol seharga Rp 88 juta hingga Rp 120 juta untuk tipe 36/60 dan 36/90.

Dikatakan Business Support Manager Gemilang Property, Azhary Husni, tahun ini pihaknya mengembangkan 14 perumahan. Empat puluh persen di antaranya atau 6 perumahan diperuntukan bagi MBR. Di antaranya Gemilang Property Citayam, Gemilang Property Cisalak Endah, Gemilang Property Griya PGRI Ciampea Indah, Gemilang Property Jaya Bakti Permai, dan Gemilang Property Lido.

"Kami masih perduli kelas menengah bawah, karena permintaannya riil. Profil pasar yang kami incar adalah guru, pegawai negeri sipil dan juga para pekerja informal seperti pedagang kaki lima dan lain sebagainya. Mereka sangat antusias terhadap produk yang kami tawarkan," ujar Azhary kepada Kompas.com, Sabtu (25/5/2013).

Selain itu, perumahan ini dapat dimiliki melalui fasilitas KPR Bank penyalur FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Meski menawarkan kemudahan pembiayaan, namun, sebagian besar lokasi perumahan ini berada di pinggiran, untuk tidak dikatakan daerah pelosok. Aksesnya pun relatif tak mudah dijangkau. Konsumen harus menggunakan jasa transportasi publik (angkutan umum) atau ojek dari titik pusat keramaian kota.

Gemilang Property Cisalak Endah misalnya, hanya bisa diakses setelah melalui 3 kali pergantian angkutan umum dari Terminal Bis Baranangsiang dan 2 kali dari Stasiun Kota Bogor.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com