Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarana Pendidikan pun Dijarah Pengembang!

Kompas.com - 25/05/2013, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Sarana edukasi ternyata sasaran empuk para pengembang guna mengonversinya menjadi properti komersial semacam apartemen atau pusat belanja. Itu tak hanya terjadi di Indonesia, di negara Adikuasa, dengan sistem pendidikan yang sudah mapan pun praktik seperti ini bisa terjadi.

Baru-baru ini, pengembang Steven Witkoff dan koleganya Fisher Brothers mengakuisisi Universitas St. John di Manhattan dan mengubah peruntukannya menjadi kondominium komersial. Nilai pembelian sebesar 200 juta dollar AS (Rp 1,9 triliun) tersebut akan menjadi transfusi dana signifikan bagi universitas.

Presiden Universitas St John, Donald Harrington, sendiri menyetujui penjualan kampus itu. Dana yang diperoleh dari penjualan akan dialokasikan untuk bantuan keuangan mahasiswa, program akademik dan perbaikan fasilitas.

Para pengembang berencana meruntuhkan gedung kampus 10 lantai dan menyulapnya menjadi kondominium mewah dengan desain ikonik dan terbaik di kawasan 101 Murray, Manhattan. Karena ini merupakan properti yang terletak di jantung salah satu wilayah yang paling dinamis di kawasan tersebut.

Pihak pengembang memberikan waktu hingga pertengahan 2014 kepada Universitas St. John untuk melaksanakan pengosongan kampus.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com