Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rumah Mikro" yang Mungil dan Pintar Menyesuaikan!

Kompas.com - 24/05/2013, 18:03 WIB

KOMPAS.com - Dibuat dengan alasan bahwa fungsi hunian bisa dikonsolidasikan sesuai kebutuhan, studio milik Liu Lubin ini didesain sebagai "rumah mikro". Bertempat di sebuah taman kota di Beijing, China, struktur rumah mungil ini diperkuat dengan serat fiber.

Serat fiber itu dibuat dan disusun sebelumnya untuk memperoleh ruangan-ruangan minimalis hingga menghasilkan "rumah" yang benar-benar bisa menghadirkan ruang beristirahat, ruang kerja, ruang mencuci, serta dapur. Adapun susunan ruangnya bisa disusun sesuai keinginan, termasuk bagaimana pencahayaan yang ingin didapatkan. 

Sebetulnya, konstruksi dasar dari "rumah mikro" ini cocok diaplikasikan pada satu kontainer bekas. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa mayoritas terbesar dari komunitas warga yang belum memiliki rumah pun bisa punya rumah sendiri dengan konsep ini.

Soal interior, siapapun sebetulnya bisa berimprovisasi karena penggunaan furnitur di dalamnya tinggal menyesuaikan ukuran ruang, baik itu untuk duduk, berdiri atau bersantai dengan area yang minimal. Komposisi cemerlang dari "rumah mikro" ini juga bisa dihadirkan secara berkelompok atau dalam satu komunitas atau berdiri sendiri di sebuah lahan di kawasan tertentu. 

Baca juga: Awas... Biaya-biaya "Siluman" Saat Membeli Apartemen!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com