Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, 100 Tower Rusun Dibangun Lengkap dengan Pasarnya!

Kompas.com - 24/05/2013, 17:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memulai pembangunan 100 menara rumah susun pada 2014 mendatang. Sesuai rencana, sebanyak 100 rumah susun tersebut akan dilengkapi sejumlah fasilitas, salah satunya pasar kebutuhan pokok untuk para penghuninya.

"Konsep itu jadi dibuat di rusun enam lantai. Di bawahnya kosong, kita akan isi pasar-pasar bagi warga penguni," ujar Jonathan Pasodung, Kepala Dinas Perumahan dan Bangunan Pemerintah DKI Jakarta di Balaikota, Jumat (24/5/2013).

Jonathan mengatakan, sesuai arahan dari Gubernur DKI Jakarta, tak hanya pasar di lantai paling bawah yang diberi tambahan fasilitas. Pemprov DKI juga akan menyediakan akses pelayanan kesehatan seperti puskesmas di lantai dua dan fasilitas umum lain di lantai tiga. Sementara, lahan selebihnya digunakan untuk hunian.

Sebanyak 100 rusun itu dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Lokasinya tersebar di lima wilayah. Beberapa di antaranya adalah lahan bekas Kantor Suku Dinas Teknis Jakarta Timur, Jatinegara, dan Pasar Rumput Jakarta Selatan.

"Target kita masyarakat yang ada di bawah garis kemiskinan, warga yang direlokasi karena ada normalisasi sungai, waduk, dan di tepi rel," lanjutnya. 

 Baca juga: Pak Jokowi, Jakarta Harus Belajar dari Surabaya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com