Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, Kiblat Perfilman Dunia Ada di Singapura!

Kompas.com - 24/05/2013, 11:22 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Lagi, kota kelas dunia tak hanya ditentukan oleh tingginya pendapatan per kapita. Melainkan juga bagaimana kota ini dapat mengakomodasi kebutuhan warganya dalam mengekspresikan minat seninya. Adalah kepada Singapura kita patut berkaca.

Saat ini, Singapura tengah merealisasikan mimpi besarnya sebagai kiblat perfilman dunia dengan mengembangkan kota mandiri Mediapolis. Proyek ini dipersembahkan pemerintah Singapura bagi insan dan industri perfilman.

COO Infinite Frameworks Freddie Yeo mengungkapkan pihaknya terlibat dalam pembangunan sebuah gedung di area Mediapolis, Singapura. Infinite, akan membangun  Infinite Studios. Freddie Yeo sendiri dikenal sebagai arsitek di balik kemegahan efek visual film "Rumah Dara".

Pembangunan fisik Mediapolis memang belum rampung 100 persen. Namun, gedung pertama berupa Infinite Studios yang Freddie bangun, sudah mencapai tingkat okupansi sebesar 70 persen. Ia mematok biaya sewa ruang kantor dalam gedung ini senilai 4,50 dollar Singapura per kaki persegi (Rp 3,5 juta).

"Kami membangun berbagai hal yang diperlukan perusahaan media, sesuai dengan konsep media. Infinite Studios sendiri akan berisi perusahaan-perusahaan yang bergerak mulai dari bagian produksi hingga pasca-produksi berupa efek khusus, suara, dan penjualan," papar Freddie.

Selain itu, Infinite Studios juga menyediakan "sound stage", studio kedap suara untuk shooting film dan acara-acara seni lainnya. Selain itu, dalam mengerjakan sebuah proyek film, penyewa gedung tidak perlu beranjak dari kantornya untuk mengirim data film, suara, atau data lainnya. Melalui kabel-kabel di dalam gedung, mereka dapat saling terhubung.

Milik Negara

Berada di atas tanah milik negara seluas 80,9 hektar, Mediapolis yang rampung pada 2020 mendatang bakal menjadi sebuah kawasan yang mengintegrasikan sekolah-sekolah film, taman, hingga kantor yang berhubungan dengan industri film Singapura. Meski biaya sewa cukup mahal, namun inilah satu-satunya infrastruktur terpadu, dengan berbagai fasilitas canggih yang mampu menekan biaya produksi. Para perusahaan hanya perlu membangun dan mengembangkan fasilitas yang terkait langsung dengan usahanya. Mereka dapat menyewa keperluan lain dari perusahaan di gedung yang sama.

Pengembangan dan penawaran ruang kantor yang juga akan dibangun di area Mediapolis dikelola beberapa agensi pemerintah, yaitu Economic Development Board, Infocomm Development Authority, JTC Corporation and Media Development Authority.

Infinite Studios sendiri dikembangkan secara bersama oleh Ascendas dan Citramas Nusaterra. Mereka menghabiskan adana 60 juta dollar Singapura (Rp 46,8 miliar).   Namun, angka ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung faktor ekonomis dengan variasi yang berbeda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com