Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kincir "London Eye" Bakal Punya Pesaing

Kompas.com - 21/05/2013, 15:13 WIB

KOMPAS.com - Pusat kota Atlanta akan segera menjadi seperti London, menyusul keputusan dewan kota setempat, Senin (20/5/2013), yang mengizinkan pembangunan kincir ria bersusun 20. Ya, bentuknya akan mirip dengan kincir ria London Eye di tepi Sungai Thames.

Kincir "Skyview Atlanta" itu akan berukuran kurang dari separo dari ketinggian London Eye. Kincir itu akan dipindahkan dari Pensacola, Florida, ke taman Olimpiade, yang dibangun pada olimpiade musim panas 1996 lalu.

Dua pengembang St Louis membeli kincir ria itu tahun lalu dan memindahkannya dari Paris, di dekat museum Louvre, ke Pensacola. Menurut juru bicara St Louis, Jason Evans, pemindahan ke Atlanta dimaksudkan untuk menarik lebih banyak penumpang dan menambahkan, dan proyek tersebut sama sekali tidak memakai uang pajak.

Tidak seperti kincir ria lain di ruang terbuka, kincir Atlanta ini akan memiliki gondola dengan kendali cuaca, berkapasitas duduk untuk enam orang pada setiap gondola dalam sekali waktu naik. Menurut dia, kincir tersebut sudah berada di tempat dan siap untuk dibuka dalam waktu tiga pekan, tiap pengunjung harus membayar antara 12-14 dolar AS sekali naik.

"Saya pikir ini kemenangan kami," kata anggota dewan kota Balai Kwanza.

"Ini sesuatu yang tidak kita bayar dengan uang kota, tidak memakai properti kota, sepenuhnya dikembangkan oleh pihak swasta di bagian kota," ujarnya.

Adapun berdasarkan pengelolanya, London Eye rata -rata menarik 3,7 juta pengunjung dalam setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com