Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf... "Rumah Pohon" Ini Khusus Orang Dewasa!

Kompas.com - 21/05/2013, 11:35 WIB

KOMPAS.com — Rumah pohon merupakan salah satu tempat bermain dan tempat "bersembunyi" kesukaan anak-anak kecil. Namun, kecintaan terhadap rumah pohon dapat terus berkembang hingga sang anak beranjak dewasa.

Salah satu contohnya adalah "rumah pohon" bagi orang dewasa di Portland, Oregon. Rumah pohon tersebut didesain pada 1997 dan rampung pada 2004.

"Wilkinson Residence", begitu sebutan bagi "rumah pohon" ini, membutuhkan waktu pengerjaan cukup lama. Lamanya pengerjaan itu terkait dengan lokasi rumah pohon yang sulit. Pasalnya, selain memiliki desain cantik yang tidak biasa, rumah pohon ini juga "bertengger" di atas tanah curam.

Eksteriornya melengkung seolah menyatu dengan kondisi alam di sekitarnya. Sementara jendela-jendela besarnya mampu memberikan akses cukup banyak pada sinar matahari.

Desain unik tersebut berfungsi meminimalisasi gangguan dari hutan sekitar dan membangkitkan rasa tengah berada di dalam rumah pohon. Bahkan, "rumah pohon" ini juga memiliki sebuah "taman Jepang" cukup luas dan terbuka.

Rumah ini didesain oleh Robert Harvet Oshatz. Ia secara khusus membangunnya untuk seorang musisi.

"Seorang pencinta musik. Klien ini menginginkan sebuah rumah yang tidak hanya menjadi bagian dari lanskap alami, tetapi juga bagian dari musik yang mengalir," ujar Oshatz.

Dilihat dari luar, Anda akan sulit menebak bagaimana dekorasi dan pembagian ruang di dalamnya. Menurut Oshatz, jika ingin mengetahui bagian dalam rumah ini, Anda harus berada di dalamnya, menjelajahi kompleksitas dan koneksi dari eksterior rumah.

Nah, Anda tertarik mengunjungi "rumah pohon" ini? 

Baca juga: Gereja "Melayang" yang Bikin Tercengang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com