Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Perbankan dan TI Penyewa Perkantoran Terbesar

Kompas.com - 20/05/2013, 18:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan-perusahaan di sektor perbankan dan teknologi informasi (TI) menjadi penyewa terbesar di area perkantoran di negara-negara di kawasan Asia. Hasil survei konsultan properti Colliers International di Jakarta, Senin (20/5/2013), menyebutkan sebagaimana kuartal IV 2012, pada kuartal I 2013 ini kelompok penyewa terbesar adalah sektor perbankan, keuangan, serta sektor TI.

Menurut Colliers, sektor perbankan dan TI memiliki tingkat keaktifan terbesar atau di atas 25 persen dalam penyewaan perkantoran di negara-negara Asia. Selain itu, kedua kelompok penyewa, baik sektor perbankan maupun TI tersebut aktif di berbagai negara-negara Asia, termasuk China dan India. Sementara perusahaan lainnya yang dinilai aktif (10-20 persen) adalah kelompok produk konsumer dan konsultan profesional. Adapun sejumlah sektor lainnya dilaporkan mengalami penurunan dalam tingkat keaktifan menyewa kantor atau tingkat keaktifannya hanya di bawah 5 persen.

Hasil survei itu menyebutkan, bahwa lebih sedikit broker (56,1 persen pada kuartal I-2013 dibanding 56,6 persen pada kuartal IV-2012) yang memperkirakan tingkat sewa akan meningkat dalam 12 bulan mendatang. Selain itu, lebih banyak broker (10,1 persen pada kuartal I-2013 dibanding 5,6 persen pada kuartal IV-2012) yang memperkirakan tingkat sewa akan menurun pada periode sama.

Namun secara keseluruhan, para broker masih merasa positif akan pertumbuhan penyewaan kantor. Sebelumnya, Indonesia Property Watch (IPW) memperkirakan pasar properti tahun ini mengalami perlambatan setelah dalam beberapa tahun terakhir mengalami lonjakan harga dalam sektor perumahan.

"Pasar properti memasuki 2013 telah mengalami perlambatan, khusus di segmen menengah atas," kata Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda. 

Menurut Ali, para pelaku pasar, khususnya pengembang dan investor, relatif telah mulai merasakan kejenuhan pasar di segmen tersebut. Oleh karena itu, saat ini pasar mulai bergeser ke pasar menengah dengan tangkapan jumlah pasar pengguna akhir (end user) lebih banyak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com