Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gairah" Hidup Praktis dengan Modern Minimalis

Kompas.com - 15/05/2013, 11:33 WIB

KOMPAS.com - Ludwig Mies van der Rohe, seorang legenda arsitektur asal Jerman, pernah menyatakan bahwa kesederhanaan sebenarnya sebuah kelebihan. Tampaknya, ide sang legenda tersebut kini menjadi praktik yang populer di antara pasangan muda. Mereka cenderung memilih desain modern minimalis karena praktis.

Namun, terkadang konsep "modern minimalis" mengalami proses penerjemahan yang keliru. Alih-alih membuat rumah yang praktis dan nyaman bagi penghuninya, dekorasi tersebut hanya mementingkan kepraktisan dan membiarkan rumah terasa dingin serta "tidak bernyawa".

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa cara mudah membuat dekor minimalis pada berbagai ruang di rumah Anda serta menghindari kesan "dingin" di dalamnya.

1. Di ruang tamu

Cari perabot berbentuk geometris kuat. Dengan cara ini, Anda dapat menekan jumlah ornamen di ruangan tersebut. Perabotan tidak hanya menjadi kebutuhan di ruang tamu, namun sekaligus "berperan" sebagai "ornamen".

Jagalah agar jumlah ornamen tersebut tidak memenuhi permukaan perabot. Biarkan perabot yang sudah memiliki bentuk unik "berbicara" pada Anda dengan mengurangi barang-barang berlebih. Selain memilih perabotan, jangan lupa memilih tanaman untuk ruang tamu Anda. Ruang-ruang berdesain minimalis umumnya menggunakan warna-warna "bisu" dan pucat. Tanaman dapat melengkapi ruang dengan memberikan sedikit kesegaran.

2. Di dapur bersih bersinar

Tidak perlu membeli peralatan super canggih. Anda hanya perlu menjaganya tetap bersih, terhindar dari tumpukan benda-benda yang tidak diperlukan, serta menempatkan kebutuhan pada lokasi strategis. Misalnya, menempatkan deretan bumbu di sisi kompor, serta sabun dan serbet di sisi wastafel. Tentunya, sediakan tempat khusus bagi sabun dan serbet tersebut. 

Selain menjaga kebersihan, pastikan juga Anda memanfaatkan unsur terpenting di dapur sebagai salah satu "ornamen". Dengan cara ini, Anda tidak perlu berlebihan dalam "mendandani"-nya. Gunakan pasta, buah-buahan, dan sirop sebagai "ornamen" dapur.

Anda juga dapat memanfaatkan peralatan makan dan memasak sebagai penarik perhatian. Sediakan satu atau dua benda "pencuri perhatian" seperti lampu gantung atau tumpukan mangkuk beraneka warna.

3. Di kamar tidur

Kunci terpenting dalam memberikan nuansa modern dan minimalis pada kamar tidur adalah membuatnya serba simetris. Pastikan kanan dan kiri tempat tidur Anda memiliki perabot dan ornamen yang relatif serupa.

4. Di kamar mandi

Gunakan warna terang (dalam jumlah terbatas). Sembari tetap menjaga minimnya ornamen, pastikan juga Anda memberikan sedikit aksen seperti bunga berwarna terang, atau penggunaan aksen kayu. Memilih warna-warna dan tekstur lain untuk dinding kamar mandi merupakan keputusan yang baik agar kamar mandi tidak tampak "dingin"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com