Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putih, Peredam Kesalahan Arsitektur

Kompas.com - 13/05/2013, 17:08 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seringkali, penggunaan warna putih untuk hunian lekat dengan dekorasi berkesan modern minimalis. Padahal, warna putih juga dapat Anda gunakan untuk rumah-rumah tradisional dan rumah bergaya klasik.

Warna putih memiliki lebih banyak keunggulan dan mampu memberikan kejutan untuk pemilik rumah. Berikut ini contoh-contoh dan keunggulan memakai warna putih di rumah:

1. Menetralkan dan menegaskan

Warna putih sungguh unik. Ia mampu "meredam" berbagai kesalahan arsitektural, mengurangi "gangguan" dalam dekorasi, serta membuat dekorasi kuno terasa lebih modern. Namun, di sisi lain warna putih juga mampu membuat warna lain lebih menonjol. Contohnya, dalam ruangan berwarna putih, Anda dapat menarik perhatian dengan menggunakan warna merah atau warna kayu gelap sebagai warna pintu. Selain itu, lemari berwarna kayu, atau kursi-kursi berwarna mencolok juga dapat tampil cantik dan menonjol.

Berhati-hatilah memilih "warna kedua" dalam ruangan yang penuh dengan warna putih. Pasalnya, warna tersebut dapat mendefinisikan seluruh ruangan. Anda dapat menggunakan warna merah sebagai aksen dan "warna kedua" dalam dapur dan ruang makan. Namun, sebaiknya Anda gunakan aksen warna biru yang lebih segar untuk kamar mandi.

2. "Menipu" mata

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, menggunakan warna putih dapat membuat kesalahan-kesalahan arsitektur "teredam". Selain itu, warna putih juga dapat berefek positif pada ruang-ruang berukuran kecil. Dengan "mengurangi" detil arsitektur pada ruangan tersebut, ruang tidak akan terasa penuh. Efeknya, ruang akan terasa lebih luas.

3. Lebih terang

Dalam kacamata fengshui, warna putih merupakan warna elemen metal. Warna ini mampu mencerahkan energi dengan seketika. Tidak jauh berbeda dengan fengshui, Anda juga bisa merasakan sendiri, bahwa warna putih mampu lebih mudah memantulkan cahaya dan membuat ruangan lebih terang.

4. Serba guna

Penggunaan warna putih pada sebuah ruangan juga mempermudah pemiliknya mengganti nuansa ruangan. Sebagai contoh, penggunaan aksen berwarna gelap seperti hitam dan warna kayu tua dapat membuat ruangan tampak serius dan profesional. Sementara itu, penggunaan warna-warna yang lebih terang seperti oranye, hijau toska, biru, atau merah muda mampu membuatnya lebih terkesan menyenangkan.

5. Warna putih banyak jenisnya

Selain memadukan warna putih dengan warna lain, ada satu lagi kelebihan warna ini. Di pasaran tersedia berbagai warna putih dalam nuansa berbeda. Anda dapat menciptakan lapisan dalam ruangan dengan menggunakan beberapa jenis warna putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com