Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sori... Tak Ada yang Mengalahkan Jakarta!

Kompas.com - 13/05/2013, 15:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika beberapa tahun silam, Jakarta masih di bawah bayang-bayang Hongkong dan Singapura sebagai destinasi investasi dunia, khususnya wilayah Asia Pasifik; maka kondisi sekarang berbalik 180 derajat. Ibu kota Negara ini mencatat pencapaian-pencapaian untuk kategori tertentu.

Riset Jones Lang LaSalle (JLL) Asia Pasifik terbaru melaporkan, Jakarta kembali tampil terdepan sebagai kota yang mengalami pertumbuhan menjanjikan untuk investasi hunian mewah. Selama kuartal-I 2013, harga rata-rata hunian mewah melonjak 8,7 persen, tertinggi di antara 9 kota lainnya yang disurvei JLL. Ini artinya, Jakarta mengungguli Hongkong dan Singapura sebagai dua kota utama Asia Pasifik yang menjadi incaran investor dunia.

Posisi kedua ditempati Kuala Lumpur yang membukukan kenaikan harga sebesar 6 persen. Sementara itu, Beijing dan Shanghai hanya menunjukkan kurva peningkatan masing-masing sebesar 2,4 persen dan 1,8 persen.

Hongkong dan Singapura sendiri mengalami penurunan harga sebanyak 1,1 persen dan 0,6 persen dibanding kuartal-IV 2012. Jatuhnya harga properti mewah di kedua kota ini tak lain sebagai ekses dari kebijakan pengetatan yang diberlakukan pemerintah setempat.

Kebijakan serupa juga terjadi di China. Pemerintahannya mengenakan pajak tambahan (ganda) untuk setiap transaksi dan pembatasan pembelian jumlah properti.

"Kebijakan pengetatan tersebut sebagai upaya untuk 'menangkal' kebijakan moneter Bank Sentral Amerika Serikat dan Eropa. Kebijakan ketat atas sektor properti ini kami prediksikan akan berlangsung di beberapa kota untuk mengekang pertumbuhan harga hingga akhir tahun ini," ujar Jane Murray, Kepala Riset JLL Asia Pasifik.

"Keperkasaan" Jakarta menguasai wilayah Asia Pasifik, menurut riset JLL, bakal berlanjut hingga beberapa tahun ke depan. Sementara itu, harga properti Hongkong dan Singapura anjlok 10 persen dan 5 persen hingga akhir 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com