Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Rumah Rp 200 Jutaan? Kunjungi REI Expo 2013!

Kompas.com - 04/05/2013, 14:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) bekerja sama dengan PT Debindomulti Adhiswati (Debindo) menggelar pameran produk properti residensial dan komersial, REI EXPO 2013, mulai Sabtu (4/5/2013) hingga Minggu (12/5/2013) pekan depan di Jakarta Convention Center (JCC).

Namun, bagi Anda yang mencari hunian dengan harga di bawah Rp 100 juta, siap-siap gigit jari! Pantauan Kompas.com, pameran tersebut umumnya menyediakan hunian mulai Rp 200 juta hingga Rp 3,5 miliar.

"Memang, rumah murah yang ada di event ini sangat terbatas. Kami mengharapkan di kesempatan selanjutnya jumlah penawaran rumah murah tersedia lebih banyak," kata Kepala Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Perumahan Rakyat RI Sri Hartoyo.

Adapun ihwal tingginya harga hunian yang ditawarkan, Ketua Umum DPP REI Setyo Maharso mengungkapkan, bahwa mahal dan tidaknya harga hunian sangat relatif. Selain itu, saat ini pasar properti di Indonesia mampu menyerap berapa pun harga properti yang ditawarkan.

Setyo menekankan, saat ini hal terpenting bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), adalah regulasi yang jelas. Konsistensi dari pemerintah dengan menjalankan regulasi pro-MBR adalah hal utama.

"Seperti waktu FLPP berhenti, teman-teman jual Rp 100 juta sudah diserap pasar dengan cicilan. Regulasi diperlukan pasar sehingga tidak ada jeda waktu. Lagipula, masyarakat tidak melihat suku bunga, tapi angsurannya berapa. Masyarakat ini sudah jauh lebih terdidik. Mereka mampu mendapatkan informasi fasilitas dan harga untuk membandingkan dengan kemampuannya. Mampu atau tidak mereka mencicil hingga 20 tahun," ujar Setyo.

Namun, meski harga yang ditawarkan dalam pameran ini cukup tinggi, pihak penyelenggara dan BNI sudah menyiapkan bunga KPR khusus. BNI menetapkan bunga 6,6 persen untuk KPR dan KPA selama pameran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com