Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Smooth Silent", Meredam Bunyi yang Bikin Jantungan

Kompas.com - 26/04/2013, 19:06 WIB

KOMPAS.com - Istilah smooth silent mungkin masih asing di telinga Anda. Namun, bagi orang-orang yang berkecimpung dalam industri pembuatan kitchen set atau toilet duduk, smooth silent adalah teknologi terbaru yang hadir menyempurnakan desain produknya.

Smooth silent adalah teknologi cerdas yang diciptakan guna memperlambat gerakan menutup benda hingga suara yang terdengar sangat lembut bahkan hilang tak berbunyi. Sistem pengeremannya memang diciptakan guna mengatur kecepatan pergerakan seminimal mungkin.

Di pasaran, istilah smooth silent sendiri beragam. Ada yang menamainya dengan soft close atau quiet close. Tapi, pada intinya semua istilah itu memiliki prinsip sama. Pertanyaannya, kenapa ini diperlukan?

Memang, walaupun suara bantingan yang dihasilkan saat menutup pintu lemari kitchen set atau penutup (cover) kloset duduk cukup keras, beberapa orang masih menganggapnya bukan perkara besar. Akan tetapi, apabila terjadi berulang setiap hari, rasa jengkel dipastikan akan menghinggapi diri Anda.

Di sisi lain, bantingan yang dihasilkan ketika menutup dapat membuat perabot rumah Anda cepat rusak dan tak tahan lama. Selain itu, bahaya pun kian dekat mengancam jiwa Anda dan keluarga seperti tangan kejepit atau ekstrimnya terkena serangan jantung karena kaget mendengar suara kencang.

Kiranya, alasan itulah yang membuat pentingnya kehadiran teknologi smooth silent. Pada kitchen set, teknologi ini diterapkan pada laci-laci maupun pintu-pintu kabinet dapur. Pergerakannya tak hanya di desain secara horizontal, tetapi dapat diterapkan pada daun pintu dengan posisi vertikal.

Sementara di toilet duduk, teknologi ini diterapkan pada area penutup kloset. Kehadiran teknologi ini membuat tampilan kloset semakin mewah. (Irfan Hidayat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com