Senin, 20 Oktober 2014
ARSITEK
Toyo Ito, Desain Kubah Cerdas dari Jepang!
Penulis : M Latief | Jumat, 26 April 2013 | 11:53 WIB
|
Share:
www.inhabitat.com
Toyo Ito Odate didesain untuk menahan badai salju dan hujan. Sejak itu, bangunan ini menjadi sarana kegiatan sosial benar-benar megah, yang kerap menggelar pertandingan bisbol dan sepakbola, serta kegiatan lainnya.

KOMPAS.com - Toyo Ito Odate Dome merupakan gedung berbentuk kubah terang dan penuh cahaya di dataran Perfektur Akita, Jepang. Struktur bangunan kubah ini mengkombinasikan material cantik dengan teknologi modern.

Dibangun kembali pada Juni 1997, Toyo Ito Odate didesain untuk menahan badai salju dan hujan. Sejak itu, bangunan ini menjadi sarana kegiatan sosial benar-benar megah, yang kerap menggelar pertandingan bisbol dan sepakbola, serta kegiatan lainnya.

Kubah berbentuk oval ini dibuat dari 25,000 papan ramah lingkungan Akita Cypress dan berpenutup membran tebal yang dibuat secara khusus. Dengan kekuatan tersebut, material bangunannya kokoh menyangga dan melindungi bagian interior dengan tetap menyalurkan cahaya alami ke dalamnya tanpa membutuhkan pencahayaan tambahan sepanjang siang.

Desain aerodinamis yang cerdas ini tahan terhadap angin dan terjangan badai salju. Bentuk kubah "mengambang" dari bangunan ini menjejak kuat dari lantai hingga ke puncak kubah, yang dengan penutup kacanya mampu memberi pemandangan luar biasa bagi orang-orang di dalamnya. 

Sumber :

Editor :
Latief