Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat... Beberapa Cara Mendekorasi Dinding Interior!

Kompas.com - 22/04/2013, 15:23 WIB

KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan untuk mengolah interior dinding. Mulai dari penggunaan cat hingga aksesoris bisa Anda aplikasikan. Anda hanya perlu menyesuaikan kenginan dananggaran yang tersedia.

Cat polos

Pemakaian cart polos umumnya dilakukan untuk semua dinding yang sudah diplester. Anda bisa memilih warnanya sesuai desain rumah dan selera.

Hanya, perlu diperhatikan pencahayaan alami atau sinar matahari langsung untuk mengaplikasi warna cat yang kontras atau gelap sebagai aksen. Jika dinding memiliki kelembapan tinggi, ada baiknya gunakan dulu pelapis antijamur dan aplikasikan cat dalam beberapa tahap agar hasilnya memuaskan.

Cat bertekstur

Khusus dinding di ruang-ruang yang memerlukan unsur dekoratif, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang tidur, Anda bisa mengaplikasikan cat tekstur. Hanya, sebaiknya aplikasikan pada satu atau dua bidang dinding saja, tidak seluruhan. Pasalnya, cat tekstur akan menampilkan efek sesak jika teksturnya terlalu kasar.

Wallcover

Pemakaian wallcover biasanya digunakan di kamar tidur atau ruang keluarga. Anda bisa memilih motif yang memberi kesan ceria pada kamar anak-anak atau suasana intim pada kamar tidur utama.

Ada baiknya, Anda memilih motif yang tak banyak warna untuk ruang keluarga. Hindari penggunaannya di ruang-ruang yang lembap atau sering terkena air.

Benda seni

And bisa memilih benda seni dengan ukuran, bentuk, dan warna sesuai bidang dinding. Ukuran terlalu lebar atau panjang akan memberi efek sempit pada dinding. Sebaliknya, jika terlalu kecil, keindahannya tak akan terlihat.

Komposisikan peletakannya dan disesuaikan dengan area dinding, terutama jika benda seni yang akan dipajang bukan cuma satu buah. Beri pencahayaan khusus berupa spotlight agar tampilannya benar-benar menonjol.

Lukisan atau mural

Kamar anak-anak bisa Anda tampilkan secara atraktif menggunakan dekorasi ruang dengan lukisan dinding yang dapat membangkitkan karakter. Jika lebih memilih mural atau lukisan besar yang menonjol pada dinding, Anda bisa mengaplikasikannya pada ruang khusus seni atau ruang keluarga atau ruang kerja yang cukup luas.

Sebagai catatan, ada baiknya Anda memberi warna lembut pada mural di ruang keluarga atau warna sama dengan dinding polos pada bagian lainnya. Sesuaikan desain lukisannya dengan karakter ruang. Misalnya, lukisan pemandangan di ruang untuk bersantai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com