Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu Menara Air Tua, Kini Hunian Mewah nan Eksentrik

Kompas.com - 16/04/2013, 11:26 WIB

KOMPAS.comSelain di Jerman, Bham Design Studio juga sukses mengalihfungsikan menara air tua menjadi sebuah hunian nan mewah di Belgia. Facade dan interiornya benar-benar unik dan menarik! 

Bham memilih gedung atau menara air setinggi 30,5 meter untuk menyimpan 250.000 liter air ini sebagai proyek arsitektur mengagumkan. Terlihat betul, Bahm memegang teguh regulasi yang mengatur pelestarian bangunan-bangunan tua dan telah berperan besar dalam menjaga keutuhan bangunan ini, yaitu menjaga material aslinya yang terdiri dari beton dan batu bata ekspos. 

Dibangun pada 1938, menara air tersebut pernah digunakan untuk beberapa fungsi, termasuk dijadikan menara pengintai oleh Nazi. Kini, semua itu sudah berlalu karena menara tua ini benar-benar menjadi hunian yang indah.

Sepintas, Chateau d eau, "rumah menara air" ini mungkin tampak biasa saja. Namun, jika digunakan sebagai rumah, gedung ini menjadi sangat eksentrik.

Betapa tidak. Penghuninya akan memiliki rumah dengan enam lantai dan pemandangan 360 derajat menakjubkan di lantai kelima. Sayangnya, anak tangga melingkar yang digunakan sebagai akses lintas lantai, menjadikan rumah ini tidak ramah untuk mereka yang lansia dan anak-anak kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com