Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Perlunya Memilih Sistem Papan Gipsum Tahan Api!

Kompas.com - 12/04/2013, 17:09 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara mengantisipasi dan mengurangi potensi kerugian nyawa dalam musibah kebakaran adalah dengan memasang sistem proteksi pasif, terutama dalam gedung bertingkat. Sistem ini dapat dilakukan dengan memasang sistem partisi, dinding, atau sistem plafon dari gipsum tahan api.

Berikut ini lima keunggulan utama menggunakan sistem papan gipsum tahan api untuk melindungi penghuni gedung:

1. Teruji mampu menahan api

Menurut Technical Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard Indra Budi Wibowo, papan-papan gipsum berlabel tahan api produksi perusahaan-perusahaan besar umumnya sudah teruji kekuatannya dalam menahan api. Dengan sertifikasi tersebut, konsumen dapat meyakinkan diri, bahwa konstruksi gedung dapat bertahan selama satu hingga dua jam hingga penghuni gedung sempat menyelamatkan diri.

2. Lebih ringan dari beton

Tentunya, sistem partisi dan plafon yang terbuat dari papan gipsum jauh lebih ringan dari beton. Jika ambruk, papan gipsum cenderung ringan dan tidak fatal efeknya pada penghuni gedung.

Papan yang ringan ini juga memiliki berbagai spesifikasi. Anda dapat memilih sistem papan gipsum tahan api, tahan gempa, atau kedap suara.

3. Tidak mengganggu kesehatan

Papan gipsum mengandung volatile organic compound (VOC) yang lebih rendah dari material lainnya. Dengan kandungan VOC rendah, papan gipsum tidak akan menimbulkan bau tak sedap dan menimbulkan gangguan kesehatan. Selain itu, papan gipsum juga tidak mengandung bahan berbahaya seperti asbestos dan formaldehyde.

4. Lebih dingin, lebih nyaman

Papan gipsum mampu membuat Anda menghemat penggunaan pendingin udara. Dengan menggunakan papan gipsum, ruangan lebih cepat dingin dan suhu rendah tidak cepat meninggalkan ruangan tersebut.

5. Ramah lingkungan

Terakhir, menggunakan papan gipsum lebih ramah lingkungan ketimbang menggunakan dinding bata atau beton. Pertama, papan gipsum hanya membutuhkan sedikit air dalam pemasangannya. Untuk satu meter persegi partisi gipsum, Anda hanya membutuhkan setengah liter air. Sementara untuk luasan yang sama, Anda butuh 22 liter air ketika memasang dinding bata.

Kedua, kertas dari papan gipsum 100 persen terbuat dari bahan daur ulang. Sementara keuntungan ketiga, sisa-sisa papan gipsum akan terurai di tanah sehingga tidak merusak unsur-unsur tanah, melainkan justeru akan menyuburkannya dan menjadi pupuk.

Baca juga:

Korban Kebakaran Bisa Dihindari 

Ini yang Harus Anda Lakukan Saat Terjadi Kebakaran....

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com