Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pasrah dengan Rumah Seken!

Kompas.com - 02/04/2013, 11:08 WIB

KOMPAS.com - Membeli rumah seken bukan berarti Anda harus pasrah dengan keadaan rumah yang Anda taksir. Rumah seken juga dapat memberi keleluasaan mendekor dan menciptakan rumah impian Anda.

Namun, bila Anda masih memiliki beberapa pilihan, ada baiknmya perhatikan dahulu penerangan rumah tersebut sebelum menjatuhkan pilihan. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda cek ulang:

Periksa arah hadap rumah

Cobalah mengecek arah hadap rumah Anda. Bukan soal fengsui, namun arah hadap rumah sangat menentukan jumlah cahaya yang dapat masuk ke rumah.

Selain melihat dari pintu utama, cek juga arah hadap jendela. Posisi jendela menentukan dari sisi mana cahaya dapat masuk ke rumah.

Sebagai contoh, pintu rumah Anda menghadap utara, namun rumah yang ingin Anda beli tersebut menghadap ke timur. Maka, setiap pagi rumah Anda akan memiliki banyak cahaya hangat.

Perhatikan juga konsep interior rumah dan ketersediaan jendela di tiap ruangan. Konsep open floor membuat cahaya dapat masuk ke dalam ruangan tanpa terhalang sekat. Dengan banyaknya jendela dan sedikit sekat, Anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan cahaya matahari di dalam rumah.

Fungsi ruangan

Anda harus memperhatikan ruangan mana yang akan sering Anda gunakan. Kebutuhan banyaknya cahaya dalam satu ruangan sangat terpengaruh oleh fungsi ruangan yang bersangkutan.

Sebagai contoh, Anda akan lebih membutuhkan sinar matahari di dapur, ruang makan, dan ruang keluarga ketimbang di ruang tidur. Untuk itu, pastikan cahaya dapat mengakses ruang-ruang yang membutuhkannya.

Kondisi jendela

Setelah mematikan setiap ruang mendapat akses cahaya matahari cukup, cobalah mengecek kondisi jendela, kecukupan jumlah jendela, serta kondisi fisik jendela tersebut. Memiliki banyak jendela pun tidak serta-merta memberikan pancaran sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah. Hal ini tergantung posisi, ukuran, serta ada dan tidaknya penghalang di luar jendela.

Di sisi lain, jika rumah yang ingin Anda beli memiliki banyak jendela, pertimbangkan juga apakah Anda membutuhkan anggaran besar untuk menutup jendela-jendela tersebut.

Penambahan lampu

Jika sangat menyukai rumah yang tengah dikunjungi, namun Anda merasa rumah tersebut kekurangan cahaya alami, Anda dapat menambahkan pencahayaan buatan. Menambahkan penerangan artifisial di rumah bukan hal sulit. Namun, menambah penerangan artifisial yang tepat dan rapih instalasinya merupakan cerita lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com