Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efisiensi Dalam Presentasi Desain

Kompas.com - 01/04/2013, 09:29 WIB

KOMPAS.com – Untuk menghasilkan sebuah bangunan yang sesuai keinginan ada beberapa tahap penting yang harus dipenuhi oleh seorang arsitek sebelum memulai membangun,  agar bangunan yang dihasilkan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Tahapannya  antara lain konsep rancangan, pra rancangan/ skematik desain, pengembangan rancangan & pembuatan gambar kerja.

Pada tahap konsep rancangan, seorang Arsitek  memerlukan semua data dan informasi dari pengguna jasa/ klien, terkait dengan kebutuhan dan persyaratan bangunan, sehingga maksud dan tujuan pembangunan dapat terpenuhi dengan sempurna berdasarkan konsep yang diinginkan.

Selanjutnya Arsitek akan menyusun pola arsitektur, yang diwujudkan dalam gambar  untuk diajukan dan mendapat persetujuan klien.

Biasanya gambar atau desain dibuat di sebuah kertas dengan ukuran besar dan disimpan dalam sebuah tabung gambar yang ukurannya cukup besar dan kurang praktis untuk dibawa-bawa. Bisa dibayangkan, jika dalam satu tabung terdapat satu buah desain, maka untuk alternatif desain harus disiapkan tabung lain dan seterusnya…sangat merepotkan bukan?

Saat ini dari sisi praktis, kekurangan tersebut dapat tergantikan oleh peran sebuah Tablet, bentuknya yang ramping dan simple mudah untuk dibawa presentasi, untuk menampilkan alternatif desain yang banyak pun lebih mudah karena  berformat digital. Tapi, Tablet seperti apa yang selain praktis untuk presentasi tapi juga mampu untuk membuat desain  langsung di Tablet?

Tinggalkan cara mendesain tradisional

Dengan Samsung Galaxy Note 10.1, mendesain dapat dilakukan secara instan kapan saja dimana saja. Revisi desain yang terjadi saat presentasi pun bisa langsung dituangkan saat itu juga sehingga lebih efisien.  Hal tersebut juga mempercepat pemahaman konsep paling tepat yang diinginkan klien. Tentunya dengan pemahaman konsep yang diinginkan di awal, akan memangkas biaya dan waktu karena pembangunan dapat dimulai dengan lebih cepat.

Hasil gambar yang dihasilkan Samsung Galaxy Note 10.1 pun sangat natural, objek yang detail dapat dibentuk dengan menggunakan S Pen yang dapat diatur tiap goresannya, seperti pemilihan bentuk kuas, pulpen, pensil, stabilo, dan spidol yang warna dan ukurannya bisa ditentukan sendiri, persis seperti menggambar di atas kertas tapi tidak pakai ribet.

Sajikan aspek kualitatif seperti luas lantai, informasi penggunaan bahan, sistem konstruksi, biaya dan waktu pelaksanaan dengan bentuk diagram yang unik untuk menarik perhatian klien. Diagram yang dibuat juga bisa dikombinasikan dengan berbagai potongan gambar, yang bisa diambil dari internet atau video untuk mendukung presentasi.

Menggunakan kanvas digital ini, menemui beberapa klien dalam satu hari bukan masalah, karena semua desain tiap klien dapat tersimpan  dalam satu gadget dan tak perlu lagi membawa tabung gambar yang merepotkan. Bentuknya yang stylist semakin mendukung penampilan sebagai seorang profesional

Jadi, tidak perlu tergantung lagi dengan kertas atau peralatan gambar tradisional lainnya, semua ide dan karya terbaik dapat dituangkan dengan cepat dan mudah. Semua pengalaman itu hanya bisa didapatkan di Samsung Galaxy Note 10.1.(adv)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com