Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Bak Mandi Anti Bocor

Kompas.com - 25/03/2013, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Permasalahan yang kerap muncul dari bak mandi adalah kebocoran. Solusi yang ada seringkali tidak ampuh akibat kesalahan dalam pengaplikasian metode.

Sebetulnya, ada solusi jitu untuk bak mandi bocor Anda. Syaratnya mudah, yaitu harus ekstra sabar, dan keluar biaya lebih sedikit untuk membeli pelapis waterproofing, serat atau serabut fiber, serta campuran waterproofing.

Khusus untuk dinding bak mandi atau kolam dengan tekstur plesteran bagian dalam agak kasar, ada baiknya jangan dulu diaci. Campur adukan plesteran tersebut dengan campuran waterproofing dan tunggu hingga benar-benar kering kurang lebih selama 3-4 hari. Setelah pelsteran 100 persen keras dan kering, segera lapisi dengan pelapis waterproofing pada seluruh permukaan bagian dalam bak mandi.

Untuk pinggiran bawah dan sudut bak atau rongga yang cukup besar, Anda dapat mengggunakan serabut atau serat fiber. Tunggu kembali selama dua hari sampai benar-benar terasa kering, lalu ulangi sekali lagi. Setelah itu, lapisi lagi dengan pelapis waterproofing.

Perlu diketahui, jika plesteran tidak 100 persen kering langsung dilapis, maka akan keluar "keringat" (air) dari dalam plesteran. Bisa dipastikan, pekerjaan Anda akan sia-sia. Ada baiknya, tunggu kembali dua sampai tiga hari hingga lapisan kedua pelapis waterproofing tersebut 100 persen kering.

Jangan lupa, periksa sudutnya sudah benar-benar kering atau belum. Setelah itu, plester kasar ulang kembali dengan campuran waterproofing dan tunggu hingga plesteran kering dengan sempurna.

Setelah plesteran kering, tempel keramik bagian dalam dengan hanya menggunakan semen dan campuran waterproofing sebagai perekat. Setelah keramik menempel rapih, tunggu sampai setengah keras. Yang terpenting, keramik sudah melekat erat.

Selanjutnya, isi nat dengan campuran semen putih (warna) dan campuran waterproofing. Tunggu kembali 4-5 hari dan bak mandi anda siap digunakan dengan kualitas ekstra. Selamat mencoba! (Febrina Syaifullana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com