Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, Contoh "Backsplash" Unik Bikinan Sendiri!

Kompas.com - 21/03/2013, 17:16 WIB

KOMPAS.com - Selain dengan bermacam-macam bumbu masakan, ada berbagai kreasi yang bisa Anda lakukan di dapur. Berkreasi dengan berbagai ornamen dekoratif, misalnya. 

Salah satu bagian yang dapat Anda kreasikan adalah backsplash. Dinding yang ada di antara meja dapur dan lemari dapur ini dapat Anda hias dengan berbagai ornamen murah meriah berikut ini:

Pegboard

Backsplash yang terbuat dari pegboard bukan hanya memberikan aksen unik pada dapur Anda. Backsplash ini juga mampu memberikan ruang penyimpanan ekstra.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menempelkan panel tersebut pada dinding. Kemudian, berikan kaitan untuk menggantung keperluan dapur. Anda bisa mendapatkan pegboard dan kaitan tersebut di toko atau toko bahan bangunan.

Peta

Selain peta, Anda juga dapat menggunakan pembungkus kado, komik, atau majalah. Sebagai tambahan, Anda juga membutuhkan triplek.

Caranya, potong triplek sesuai ukuran dinding dapur Anda. Kemudian, rekatkan peta, pembungkus kado, komik, atau majalah pada triplek tersebut. Setelah itu, lapisi dengan lak. Setelah kering, barulah tempelkan triplek tersebut pada dinding.

Karung goni

Anda juga bisa memajang tulisan-tulisan indah di atas karung goni. Karung goni merupakan bahan yang tepat untuk menampilkan resep masakan dalam nuansa vintage.

Anda dapat menaruh resep khas keluarga, petikan quote, atau puisi dalam berbagai bahasa. Selain itu, robekan kertas dengan berbagai tulisan juga bisa Anda pajang sebagai backsplash Anda.

Untuk membuat backsplash ini, pertama-tama Anda harus memotong panel kayu sesuai ukuran dan bentuk dinding dapur Anda. Setelah itu, potong karung goni sedikit lebih besar dari panel kayu.

Selanjutnya, tempelkan karung goni pada permukaan panel, jangan lupa rekatkan juga bagian karung goni yang berlebih pada bagian belakang panel. Lapisi karung goni dengan lak. Lalu, print resep pada plastik bening. Gunakan perekat spray untuk menempelkan resep tersebut ke karung goni. Terakhir, rekatkan panel pada dinding dapur Anda.

Taplak vinyl

Terakhir, Anda bisa merekatkan taplak meja vinyl pada backsplash dapur Anda. Tunggu apa lagi, kreasikan dapur Anda dengan unik dan relatif murah!

(Sumber: http://www.diynetwork.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com