MENATA RUANG
Tiga Pilihan Tema Dekorasi Klasik
Penulis : Tabita Diela | Rabu, 20 Maret 2013 | 12:11 WIB
|
Share:
www.houzz.com
Tuturlah sebuah cerita dengan dekorasi di rumah Anda. Anda bisa "memberdayakan" berbagai cenderamata yang Anda kumpulkan dari seluruh dunia atau dari berbagai perjalanan Anda.

KOMPAS.com - Anda tengah mencari tema untuk dekorasi kamar, ruang keluarga, atau ruang-ruang lain di rumah Anda? Bagaimana dengan dekorasi bertema klasik? 

Untuk tema ini, Anda bisa memberikan sedikit sentuhan pribadi Anda, baik terkait hobi maupun kesukaan Anda lainnya. Simak berikut ini:

Traveling

Tuturlah sebuah cerita dengan dekorasi di rumah Anda. Anda bisa "memberdayakan" berbagai cenderamata yang Anda kumpulkan dari seluruh dunia atau dari berbagai perjalanan Anda.

Anda juga dapat meng-highlight atau menonjolkan salah satu produk kebudayaan yang Anda anggap paling menonjol di antara lainnya. Untuk ruang yang terinspirasi jalan-jalan ke Paris, misalnya, Anda dapat menggunakan meja bistro, kursi-kursi antik, serta menggunakan mug café au lait vintage.

Hindari hal-hal yang terlalu stereotip seperti suvernir Menara Eiffel. Selain itu, yakinlah bahwa rumah Anda adalah istana Anda sehingga tidak perlu meletakkan barang-barang berlabel satu negara tertentu hanya untuk menjelaskan pada tamu.

Pilihlah barang-barang cenderamata penuh cerita personal dari perjalanan Anda. Ya, sekalipun barang-barang tersebut tergolong sederhana, seperti botol-botol vintage, toples, atau wind chime. Tampilkan hanya barang-barang yang benar-benar Anda suka dan tentukan terlebih dahulu cara Anda akan memajang barang-barang tersebut berdasarkan gaya mendekor kesukaan Anda, baik itu bertema modern atau tradisional.

Alam

Selain cenderamata dari perjalanan, Anda juga dapat membuat dekorasi yang penuh dengan tanaman di rumah. Anda tidak perlu memajang tanaman-tanaman berukuran besar. Berbagai jenis teranium, kaktus, dan bebatuan juga dapat menjadi aksen unik, terutama bila Anda menyukai kesan "bersih" dengan warna putih. Biarkan tanaman-tanaman tersebut menjadi aksen mungil hijau yang cantik.

Bagi Anda yang ingin mendekorasi ruang dengan kesan lebih lembut, romantis, dan feminim, Anda dapat memilih berbagai aksen cantik dari motif dan pajangan bertema bunga dan burung-burung. Pilihlah warna merah muda lembut atau biru muda untuk "menguasai" ruang beraksen bunga dan burung ini. Dengan warna-warna lembut tersebut, maka ruang akan cocok bagi kamar tidur atau walk-in closet Anda.

Nuansa laut

Laut memang bagian dari keajaiban alam. Namun, laut dan berbagai perlengkapan navigasi kapal dapat dikelompokkan dalam satu kategori khusus. Ingatkah Anda dengan hiasan jangkar serta porselen bertema nahkoda kapal yang sempat tren pada tahun 80-an?

Anda bisa menggunakan kembali tren tersebut dengan sedikit twist. Sebagai contoh, pilihlah tema nahkoda dengan gambar-gambar kartun untuk kamar anak atau bayi Anda. Padukan warna putih, biru, dan sedikit merah. Jangan lupa, gunakan aksen kayu dan tambang juga cocok bagi dekorasi bertema laut.

Selamat mencoba!  

Sumber :

Editor :
Latief