Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat... Daftar Penting Rencana Dekorasi Anda!

Kompas.com - 19/03/2013, 10:17 WIB

KOMPAS.com - Kekuatan umat manusia dan keberlangsungan peradaban ada pada pencatatan. Lewat pencatatan, apapun yang sempat tersilap dari pikiran manusia, dapat kembali lagi dengan mudah diingat.

Hal yang sama berlaku juga dalam proses renovasi. Ketika memulai "proyek" pembangunan, renovasi, atau dekorasi rumah, ada beberapa hal sebaiknya Anda lakukan terlebih dahulu. Salah satu hal terpenting adalah mulai membuat daftar visi, ide, dan keinginan Anda.

Daftar tersebut merupakan cara efisien untuk mengkomunikasikan keinginan Anda pada arsitek, dekorator, atau orang-orang lain yang bertanggung jawab dalam proses tersebut. Simak berikut ini: 

Membuat daftar keinginan

Setiap arsitek akan memulai pekerjaan dengan program spesifik. Sebuah kolaborasi antara arsitek dan kliennya semestinya dapat didefinisikan dalam program tersebut. Ukuran, jumlah ruang, gaya dekorasi, pemandangan, dan penempatan jendela adalah beberapa hal yang termasuk dalam program.

Buatlah daftar sedetil mungkin. Setiap ruang di rumah Anda pantas Anda pikirkan benar-benar. Kemudian, kumpulkan potongan gambar, katalog, print-out dari internet untuk menggambarkan produk yang Anda inginkan. Semakin banyak informasi Anda inventarisasi akan semakin baik, dan Anda semakin dekat dengan rumah impian Anda.

Setelah daftar tersebut tersusun, gabungkan data dengan anggaran Anda. Lalu, mulailah membuat prioritas dari semua keinginan Anda. Setelah itu, serahkan pada arsitek Anda. Para ahli akan mengerti dan menerjemahkan keinginan Anda menjadi desain yang baik.

Persempit daftar

Ketika Anda menggabungkan data dengan anggaran dan membuat prioritas dari daftar yang Anda buat, sebaiknya Anda mengikutsertakan arsitek dalam prosesnya. Ini bermanfaat untuk memberikan Anda masukan mengenai kemungkinan teknis dari impian Anda. Karena terkadang, pemilik rumah memiliki keinginan yang rumit tanpa menyadari, bahwa luas rumah, kondisi tanah, dan anggaran tidak memenuhi.

Setelah mempersempit daftar dari segi angaran dan teknis, pertimbangkan pula gaya hidup Anda. Apakah Anda memiliki anak kecil, hewan peliharaan, serta lokasi tempat tinggal Anda. Hal ini penting mengingat beberapa ornamen dan furnitur tidak cocok untuk anak dan hewan peliharaan.

Sebagai contoh, Anda sebaiknya tidak memajang kristal dalam rumah penuh anak kecil. Atau, Anda juga sebaiknya tidak menggunakan gorden panjang jika memiliki kucing atau anjing.

Percaya arsitek Anda

Salah satu job description seorang arsitek adalah menerjemahkan visi kliennya dari ide menjadi sesuatu yang nyata. Proses penerjemahan tersebut termasuk interpretasi emosi yang ingin diciptakan dalam sebuah ruang.

Umumnya, langkah pertama akan mereka lakukan adalah memastikan, bahwa mereka mengerti keinginan Anda. Biasanya, hal ini dilakukan lewat percakapan. Terkadang, para ahli akan mengulang keinginan Anda, atau justeru menekan keinginannya pada Anda. Cobalah bernegosiasi dan mempertimbangkan dengan logis.

Kuncinya tentu komunikasi. Maka, biarkan arsitek Anda mengetahui kesulitan dan keinginan Anda. Berikan juga informasi mengenai barang-barang yang harus ada di rumah Anda dan barang ornamen.

Selamat mendekorasi!

Baca juga: Mengapa Anda Perlu Menanam Pohon Tomat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com