Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terburu-buru Mendesain Rumah Baru!

Kompas.com - 02/03/2013, 20:24 WIB

KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki sebidang tanah kosong dan ingin mengolahnya menjadi sebuah lahan hunian, ada baiknya Anda tidak terburu-buru mengikuti desain terbaik menurut keinginan Anda. Tidak semua desain menarik hasil perburuan Anda di internet cocok untuk dipraktikkan di lokasi hunian Anda. Lihat dan "dengarlah" keadaan di sekitar lahan hunian tersebut.

Keadaan alam di sekitar properti Anda adalah referensi terbaik dalam mendesain. Langkah pertama paling penting adalah melakukan analisis lokasi. Cobalah memeriksa bagaimana kondisi lahan properti Anda, serta perhatikan juga kondisi lingkungan di tempat tersebut. Perhatikan topografi, akses, arah angin, pemandangan, keberadaan pohon atau sungai, serta lokasi tetangga Anda.

Tidak semua tanah berbentuk persegi. Tidak jarang, tersedia tanah dengan bentuk yang lebih kompleks. Mengunjungi langsung lokasi properti adalah gagasan yang tepat. Dengan cara ini, Anda tahu bentuk sebenarnya dari properti yang Anda miliki.

Selanjutnya, perhatikan topografi di lokasi tersebut. Topografi mengacu pada bentuk permukaan dan ciri khas properti Anda. Anda dapat memiliki properti dengan tanah miring, bertingkat-tingkat, atau mendatar. Anda juga bisa mendapatkan properti yang memiliki kontur tanah campuran.

Mengetahui topografi properti yang ingin Anda beli, atau sudah Anda miliki merupakan hal penting. Terutama, jika Anda ingin membangun sendiri rumah Anda. Semakin sulit lokasi properti Anda, semakin banyak biaya harus Anda keluarkan.

Perhatikan juga akses menuju lokasi properti Anda! Jauh atau dekat dan rumit atau mudahnya lokasi properti Anda akan sangat berpengaruh mulai dari tahap pembuatan, keseharian Anda, hingga jika sampai terjadi hal-hal darurat. Semakin jauh dan rumit dari pusat kota, ongkos pengiriman bahan bangunan akan semakin mahal. Begitu juga dengan ongkos Anda bepergian sehari-hari.

Untuk kondisi darurat, cobalah bayangkan jika tim pemadam tidak dapat sampai ke rumah Anda dalam waktu singkat! Bila masih memungkinkan, carilah properti dengan akses lebih mudah. Berdiamlah sebentar di lokasi tanah Anda. Carilah arah dengan pemandangan terindah dari lokasi tersebut. Dengan mengetahui arah mana yang memiliki pemandangan terindah, Anda dapat dengan mudah menentukan arah jendela atau bahkan arah rumah Anda.

Perhatikan lokasi properti tetangga Anda. Usahakan Anda tetap mendapatkan privasi, keamanan, dan rasa mandiri di rumah Anda.

Terakhir, jika Anda cukup beruntung dan memiliki properti di lokasi-lokasi unik, eksplorasilah keindahan tersebut. Lokasi-lokasi yang termasuk unik antara lain tepi sungai, tepi laut, atau di antara pepohonan rindang.

Selamat merancang hunian Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com