Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Tepian Plafon yang Mudah Retak

Kompas.com - 21/02/2013, 12:07 WIB

KOMPAS.com - Coba tengok langit-langit rumah Anda! Pertemuan antara plafon dan dinding merupakan bagian yang rentan retak. Untuk menanggulangi masalah ini, Anda dapat menutupinya dengan berbagai alternatif.

Alternatif yang tersedia bagi Anda adalah profil gipsum, lis kayu, serta pemberian celah antara dinding dan plafon. Bagi Anda yang memilliki rumah bergaya klasik atau menginginkan dekorasi rumit, Anda dapat menggunakan profil gipsum.

Dengan gipsum, di sepanjang tepi plafon Anda dapat memasang profil yang memiliki begitu banyak variasi ukuran dan ornamen. Anda hanya perlu memastikan ukuran profil tersebut sesuai dengan ukuran ruangan.

Untuk membuat profil gipsum, Anda membutuhkan plaster. Pilihlah plaster yang diformulasikan khusus dengan waktu kering sesuai dengan waktu kerja Anda.

Saat ini sudah tersedia berbagai merk plaster yang mampu memenuhi keperluan Anda. Agar Anda mendapatkan hasil terbaik, pastikan Anda menggunakan air dan peralatan yang bersih ketika menggunakan plaster pada profil gipsum.

Setelah selesai Anda gunakan, simpan plaster dalam ruangan yang kering. Jangan lupa, tutup rapat kemasan setelah dipakai.

Saat pemakaian, tuang dan rendam plaster dalam air 1 menit sebelum diaduk untuk menghasilkan tekstir yang halus. Anda dapat menambahkan serat fiber untuk memperkuat hasil cetakan. (Sumber: Katalog PT Petrojaya Boral Plasterboard

Baca juga:

Ssstt... Papan Gipsum Bantu "Imajinasi Nakal" Anda!

Penting... Plafon Gipsum Bisa Menjadi "Alarm" di Rumah Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com