Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Unik dengan Lantai Kayu Mozaik

Kompas.com - 20/02/2013, 18:24 WIB

KOMPAS.com - Inovasi dapat muncul dari tradisi turun-temurun yang sudah sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Begitulah cara firma arsitektur asal Jepang, 403architecture membuat aksen unik bagi klien mereka, pasangan muda Jepang yang ingin agar firma ini membenahi kamarnya.

Proyek tersebut berada di Hamamatsu, Jepang. Hampir sama seperti kamar khas Jepang lainnya, kamar di Hamamatsu tersebut juga beralaskan kayu yang diamplas tanpa dipernis.

Sampai tahap ini, kamar tersebut sebenarnya masih dapat digunakan dengan nyaman. Sayangnya, langit-langit kamar ini terlalu rendah.

Demi membuatnya lebih tinggi, 403architecture melepas langit-langit kamar yang terbuat dari kayu. Langit-langit tersebut kemudian mereka biarkan "terbuka". Langit-langit semen dan pipa menggantung memberikan kesan industrial pada kamar yang tengah digarap firma ini.

Bagi mereka, jawaban untuk membuat aksen sederhana dan bergaya rustic dari bahan-bahan hasil daur ulang sudah ada di depan mata. Firma ini memanfaatkan lembaran kayu dari langit-langit untuk memberikan karakter pada lantai kamar.

Kayu yang "hijrah" dari langit-langit kamar tersebut menjadi alternatif cerdas untuk karpet tatami. Firma ini membuat potongan-potongan kecil kayu dan mengaturnya di lantai.

Potongan-potongan kayu ini memiliki bentuk, warna, dan ketebalan berbeda. Maka, siapa pun yang berjalan di atasnya akan merasakan tekstur unik pada telapak kaki mereka.

Hasilnya bukan hanya tekstur unik. Firma ini juga telah membuat lantai tinggi insulasi dengan kemampuan meredam suara.

(Sumber: http://www.dezeen.com) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com