Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Leluasa dengan Warna Netral

Kompas.com - 20/02/2013, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Sebagian orang mengira, menggunakan warna-warna netral sama halnya dengan membuat rumah menjadi membosankan. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

Warna yang termasuk dalam "warna netral" tidak terbatas hanya putih atau hitam. Justeru, penggunaan warna-warna netral ini memberikan keleluasaan mendekorasi dan membuat rumah Anda terlihat lebih manis dan nyaman.

Selain putih dan hitam

Anda dapat mulai mendekor interior rumah dengan memilih warna netral untuk pengecatan dinding. Setelah itu, baru sesuaikan furnitur dengan warna dinding pilihan Anda. Cara ini akan memudahkan Anda melakukan pencocokkan antara warna dinding dan furnitur, serta dapat menghemat biaya Anda.

Sebagai langkah awal, mulailah memilih warna putih, abu-abu, hitam, dan coklat. Masing-masing warna ini memiliki berbagai shades atau ketebalan warna dengan banyak variasi.

Selain warna-warna yang sudah disebukan sebelumnya, Anda juga dapat memilih warna ungu keabu-abuan, biru keabu-abuan, hijau lumut pucat, dan abu-abu pucat. Untuk kesan lebih ringan, manis, dan feminim, Anda bisa menggunakan warna-warna pastel.

Sementara itu, untuk mendapatkan nuansa lebih serius, dewasa, serta romantis Anda bisa memilih warna-warna coklat atau warna keabu-abuan.

"Bicara" dengan tekstur

Cara terbaik menghindari kesan flat pada ruang berwarna netral, Anda bisa memberikan lapisan-lapisan tekstur pada ruang tersebut. Berikan gorden panjang dan lembut pada ruangan Anda. Sandingkan dengan kursi kayu berbantal, serta hiasan-hiasan seperti pintalan benang dan sailor knot atau simpul khas kapal layar.

Melancarkan transaksi rumah

Selain untuk Anda yang tinggal di rumah, mendekorasi rumah dengan warna-warna netral juga dipercaya mampu melancarkan transaksi rumah tersebut. Pasalnya, warna netral dipajang dalam proses staging akan membebaskan imajinasi sang calon pembeli. Ia dapat memproyeksikan keinginannya pada rumah yang akan ia beli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com