Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Ranjang dan Jendela Menurut Fengsui

Kompas.com - 18/02/2013, 14:04 WIB

KOMPAS.com - Tidak semua posisi posisi ranjang terlihat "baik" berdasarkan kacamata fengsui. Bagaimana seharusnya?

Ranjang besar dengan rangka kayu yang diletakkan menempel dinding, baik sisi kepala ranjang maupun sisi kanannya, misalnya. Jika posisinya demikian, maka akses yang bisa dilalui saat Anda akan tidur adalah dari sisi kiri ranjang.

Belum lagi headboard ranjang cukup besar hingga menutupi bagian bawah jendela yang diletakkan tepat sejajar dengan ranjang. Sementara untuk tambahannya, pada sisi ranjang diletakkan side table coklat berlapis HPL dengan lampu meja dan pot bunga kecil di atasnya.

Berdasarkan fengsui, posisi penataan ranjang semacam ini kurang baik. Penataan letak ranjang harusnya seimbang antara bagian kanan dan kirinya. Jangan sampai salah satu bagian tertutup aksesnya sehingga baiknya ranjang diletakkan menempel pada dinding tepat pada tengah ruang.

Lalu, bagaimana dengan jendela besar di atasnya?

Letakkan ranjang di area Yin, di mana posisinya tidak langsung berhadapan dengan bukaan. Hal ini dimaksudkan agar aliran energi di dalam ruang seimbang, dimana elemen Yin pada ruang memang sudah seharusnya ditempatkan pada area Yin pula.

Berbicara tentang keseimbangan Yin dan Yang, ranjang memiliki unsur Yin, sementara jendela berunsur Yang karena langsung terakses keluar. Penataan demikian dipercaya akan berpengaruh terhadap kesehatan penghuninya. Jika Anda sudah telanjur menata kamar sedemikian rupa, Anda dapat mengakalinya dengan menutup jendela saat Anda akan tidur atau melapisinya dengan gorden.

(Febrina Syaifullana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com