Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Nyentrik dengan Kursi Eklektik

Kompas.com - 16/02/2013, 13:50 WIB

KOMPAS.com - Fusi antara keindahan klasik dan "nakalnya" desain kontemporer menjadi aksen ekletik yang menarik di rumah Anda. Sayangnya, furnitur yang mendobrak pakem-pakem desain seperti ini umumnya memiliki harga selangit alias mahal bukan main.

Namun, itu bukan berarti jalan sudah tertutup. Jika memiliki kursi antik di rumah, Anda bisa "mendandani" sedikit kursi itu, dan Anda sudah memiliki satu perabot ekletik di rumah. Berikut ini paduan cara pembuatannya:

- Pertama, ampelas perabot klasik berbahan kayu dan berukir Anda. Setelah itu, lapisi permukaan furnitur dengan cat dasar berwarna putih. Warna ini akan membuat warna cat baru lebih tegas.

- Cobalah bersabar saat mengecat perabot. Beri lapisan kedua jika Anda kurang puas dengan lapisan pertama. Setelah itu, catlah kursi Anda dengan warna yang Anda inginkan.

- Cobalah memilih warna-warna tidak terduga seperti hijau toska, merah muda menyala, kuning, oranye, merah, atau hitam.

- Setelah cat kering, lepaskan busa sandaran depan. Tambahkan satu lapis busa baru jika busa lama kursi Anda sudah menipis.

- Buat pola untuk bantalan kursi Anda. Pilihlah kain dengan corak unik penuh warna. Setelah itu, gunting sesuai pola, dan rekatkan bahan dengan lem kuning.

- Untuk dudukan kursi, berikan lem pada karet jok dan busa. Rekatkan busa dudukan ke atasnya. Rapikan bagian pinggir dudukan dengan stapler. Tutup dengan bahan bercorak yang serupa dengan sandaran kursi Anda. Kemudian, rekatkan bis untuk menutup sambungan.

Selamat berkreasi!

(Sumber: 101 Tips Membetulkan & Merawat Rumah/Imelda Akmal-Architectural Writer Studio)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com