Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ssstt... Papan Gipsum Bantu "Imajinasi Nakal" Anda!

Kompas.com - 13/02/2013, 11:47 WIB

KOMPAS.com - Berbeda dengan plafon datar yang biasa digunakan di dalam rumah pribadi, penggunaan plafon melengkung dapat memberikan efek lebih dramatis dan unik pada rumah Anda. Efek elastis dan fleksibel menjadi salah satu daya tarik utama jenis plafon ini, terutama jika Anda menghilangkan pembatas antara dinding dan plafon sama sekali.

Tentunya, Anda dapat memanfaatkan papan gipsum atau drywall dalam pembuatannya. Menurut Rachmawan Gunawan, Technical Representation PT Petrojaya Boral Plasterboard, Anda tidak perlu ragu mengaplikasikan plafon melengkung. Anda hanya perlu membebaskan imajinasi untuk membuat rumah impian Anda dengan bantuan papan gipsum

"Material papan gipsum itu sangat fleksibel untuk diaplikasikan. Jadi, mau dibikin berbagai macam desain dan aksesoris itu bisa, dan tidak susah," ujarnya.

Secara garis besar, ada tiga tipe plafon melengkung, yaitu kubah, busur, dan tidak beraturan. Anda dapat membayangkan plafon melengkung merupakan plafon yang biasa ada di rumah-rumah ibadah.

Plafon busur dan plafon tidak beraturan bersifat lebih informal dari plafon kubah. Kedua jenis plafon ini akan terasa playfull untuk Anda pakai di rumah. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan plafon kubah.

Plafon kubah dapat Anda tempatkan pada ruang yang menjadi tempat penting di rumah Anda. Kerahkan semua kemampuan Anda dalam mendesain dan mendekor interiornya, karena ruang ini akan mendapat banyak perhatian.

Sementara itu, plafon busur dapat Anda aplikasikan di ruang dengan proporsi memanjang. Anda dapat menempatkannya di selasar menuju foyer. Untuk itu, berikan aksen lampu dan kaca besar yang dramatis untuk menegaskan struktur unik ini di rumah Anda.

Menurut Rachmawan, selain memperhatikan estetika rumah, sudah semestinya Anda memperhatikan keamanan penghuninya. Pemilik rumah perlu menggunakan rangka yang kuat, aman, serta desain sesuai dengan kemampuan papan gipsum.

"Terkait dengan plafon untuk hias, sebenarnya itu juga tergantung lagi dengan kreasi pada masing-masing arsitek atau desainernya. Misalnya, untuk plafon lengkung itu juga bisa dibuat kubah dan lain-lain. Kami punya rangka khusus untuk membuat plafon lengkung atau kubah," katra Rachmawan. 

Ketebalan gipsum sangat berpengaruh pada besarnya lengkungan plafon Anda. Masing-masing ketebalan memiliki keterbatasan terhadap radius dari lengkungan.

"Jadi, misalkan untuk 9 mm itu radius paling kecil yang bisa dibuat itu satu meter," terang Rachmawan.

Umumnya, papan gipsum yang sudah memiliki standar kualitas memiliki ukuran 8 mm, 9 mm, dan 12 mm. Rachmawan mengatakan, Jayaboard menyediakan keperluan "kasus spesial" berupa papan gipsum berukuran 6,5 mm. Namun, ukuran tersebut bukan produk reguler.

Bagaimana, Anda siap menampilkan plafon unik ini di rumah Anda?

Baca juga: Sim Salabim... "Finishing" Lebih Cepat dengan Papan Gipsum!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com