Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sim Salabim... "Finishing" Lebih Cepat dengan Papan Gipsum!

Kompas.com - 11/02/2013, 12:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses pengerjaan rumah tentu bukan proses yang hanya menghabiskan waktu semalam suntuk. Satu demi satu proses harus Anda lalui dengan sabar dan mendetail, agar mendapatkan hasil maksimal. Namun, maukah Anda jika proses pengerjaan rumah bisa lebih cepat dan lebih bersih?

Saat ini, papan gipsum menyediakan cara bagi Anda untuk melakukan finishing atau tahap penyelesaian dinding bata Anda tanpa membutuhkan proses lama. Aplikasi ini disebut dengan stick-on.

"Mungkin yang belum banyak diketahui oleh pengguna papan gipsum, sebenarnya papan gipsum ini tidak cuma bisa diaplikasikan sebagai partisi antar-ruang, tapi juga bisa diaplikasikan sebagai finishing dari batu bata," kata Rachmawan Gunawan, Technical Rep. dari PT Petrojaya Boral Plasterboard, kepada Kompas.com, Jumat (8/2/2013), mengenai alternatif finishing tembok rumah.

Rachmawan menekankan, meskipun memiliki kelemahan, namun gipsum juga membuat proses lebih sederhana.

"Kembali lagi, kelemahan dia (papan gipsum) adalah air. Maka, biasanya yang bisa kita aplikasikan sebagai finishing dinding batu bata itu adalah dinding batu bata yang kering," terang Rachmawan.

Rachmawan menuturkan, ada dua metode pengaplikasian. Pertama, untuk dinding benar-benar kering pengaplikasian bisa menggunakan perekat.

"Kita ada perekat khusus, namanya Adesif 15. Papan gipsum ini kita beri perekat, kemudian kita tempelkan langsung ke dinding batu bata yang akan kita finishing. Jadi, si papan gipsum ini menggantikan fungsi plester dan acian. Secara aplikasi lebih cepat waktu pengerjaannya, kemudian area kerjanya juga lebih bersih," ujarnya.

Adesif 15 merupakan kompon perekat yang memiliki daya rekat kuat pada media papan gipsum, papan semen, papan plester, dan acian semen. Selain untuk menempelkan papan gipsum ke dinding batu bata kering, kata Rachmawan, konsumen juga bisa menggunakan Adesif 15 untuk menempelkan lis dan ornamen.

"Kemudian, jika dinding (batu bata) sudah mulai bercak-bercak, itu akan terlihat jelek. Yang bisa kita lakukan, selama tidak membanjir, kita bisa saja membuat partisi di depan dinding itu. Selama tidak membanjir, maksudnya selama air tidak menetes. Kalau hanya basah, masih bisa. Kita pasang saja partisi di depannya. Beri celah sekitar 2 cm dengan dinding tersebut, kemudian kita pasang papan gipsum seperti biasa. Tapi ingat, jangan nempel," tandas Rachmawan.

Bagaimana, mau menggunakan papan gipsum untuk finishing rumah Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com