Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berharap Rumah Murah di Pameran Megah

Kompas.com - 05/02/2013, 11:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengunjung BTN Property Expo hingga Selasa (5/2/2013) tetap ramai. Pengunjung yang datang dan melihat-lihat pameran rumah di Jakarta Convention Center (JCC) hall A dan hall B tersebut memiliki alasan serta kesanggupan kisaran harga berbeda-beda.

Secara umum, pengunjung merupakan keluarga muda yang baru memiliki satu anak. Seorang pria bernama Guntur, misalnya, datang ke pameran bersama istrinya, Damai, dan satu anak mereka.

"Saya mencari rumah-rumah bertipe minimalis di daerah Parung, Depok," ujar Guntur kepada Kompas.com.

Guntur mengaku, baik ia dan isterinya sepakat mencari rumah yang bersinergi dengan program Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR-FLPP). Mereka mencari rumah dengan kisaran harga Rp 100 juta - Rp 150 juta.

"Saya dengar dari teman, bahwa dia baru saja dapat rumah di daerah Depok dengan program (FLPP) ini. Saya mengerti sedikit (soal FLPP), tapi syaratnya tidak mudah," ujar Guntur.

Berbeda dengan keluarga Guntur, pasangan muda lain bernama Kristian (33) dan Trias (31) justru mengaku belum mengetahui adanya program KPR-FLPP. Pasangan yang saat ini tinggal dalam rumah kontrakan di Jakarta Timur ini tengah mencari rumah dengan harga Rp 400 juta - Rp 500 juta.

"Kalau bisa tanahnya besar, tapi murah, sekitar 120 meter persegi. Kami ingin di daerah Depok, Ciputat, atau Bintaro," kata Kristian. 

Ia mengaku, dirinya ingin memiliki tanah berukuran besar. Bagi mereka, tanah sebesar itu dapat mereka manfaatkan sebaik mungkin untuk tumbuh kembang anak pertama mereka.

Berbeda pula dari kedua keluarga muda ini, Dede (53), justeru mencari rumah kedua untuknya dan sang suami. Saat ini, Dede ingin tinggal di Yogkarta bersama suaminya yang akan pensiun sebentar lagi. Sayangnya, ibu yang kini tinggal di daerah Cawang, Jakarta Timur, ini harus kecewa.

"Hari ini properti di Yogyakarta yang ada di pameran ini hanya hotel atau apartemen," ujarnya. 

Memang, jenis properti yang ada dalam pameran ini tidak melulu berupa rumah tapak. Pameran yang diadakan mulai 2 Februari hingga 10 Februari 2013 tersebut digelar di Jakarta Convention Center (JCC) hall A dan hall B, di Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, BTN Property Expo tahun ini diikuti 220 pengembang dan menyajikan lebih dari 400 proyek perumahan di seluruh Indonesia. Selama pameran megah ini berlangsung, masyarakat dijanjikan bisa mendapatkan banyak fasilitas dan kemudahan KPR dan KPA. 

Adapun penawaran tersebut meliputi jangka waktu kredit sampai 25 tahun, suku bunga 7,49 persen tetap selama dua tahun pertama, uang muka 10 persen untuk rumah dengan luas bangunan kurang dari 70 meter persegi, diskon provisi 50 persen, hingga potongan biaya asuransi hingga 40 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com