Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, "Paket Hemat" Menata Ruang Mungil!

Kompas.com - 19/01/2013, 23:39 WIB

KOMPAS.com - Tidak selalu ungkapan "lebih besar lebih baik" itu benar. Terkadang, sesuatu lebih kecil dan lebih ringkas dapat menjadi solusi tepat.

Berbicara mengenai gaya hidup yang ringkas, misalnya, tentu kita juga dapat berbicara mengenai desain ruang-ruang di dalam rumah mungil. Salah satu ruang yang memerlukan perhatian adalah ruang keluarga.

Ruang keluarga ini bukan hanya ruang berkumpul bagi anggota keluarga Anda, namun juga bisa berfungsi ganda sebagai ruangan untuk menjamu tamu. Tahukah Anda, dalam ruang keluarga berukuran hanya 9 meter persegi sekali pun, Anda dapat mengatur ruang keluarga Anda dengan penuh gaya? Simak berikut ini caranya:

Fokus

Pilih satu fokus dalam ruang keluarga Anda. Anda dapat memilih televisi, misalnya, sebagai titik fokus tersebut. Setelah menentukan, kini mulailah Anda mendekor penempatan perabot dan furnitur di ruang tersebut.

Paket hemat

Anda tidak perlu bingung menentukan apa yang Anda butuhkan dalam ruang keluarga. "Paket hemat" yang terdiri dari sebuah sofa, dua kursi, dan sebuah meja kopi juga bisa menjadi pilihan Anda. Barang-barang ini bisa memenuhi kebutuhan Anda di ruang keluarga.

Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan kursi "ottoman" sebagai meja kopi. Meja tersebut berfungsi ganda. Bukan hanya menjadi meja, ia juga bisa Anda gunakan sebagai tempat duduk tambahan.

Menghemat tempat

Demi menghemat tempat, kemungkinan besar Anda juga akan menggabungkan dua fungsi dalam satu ruangan. Misalnya, Anda menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan.

Cara terbaik mengkoneksikan kedua ruangan ini adalah dengan dekorasi, warna, dan gaya yang sama. Karpet dapat memberikan "batasan" antarruang yang digabung menjadi satu.

Sofa juga bisa menjadi pemisah antardua fungsi ruangan. Misalnya, jika televisi menjadi titik pusat ruangan Anda, maka hadapkan sofa ke televisi. Letakkan meja makan di area yang ada di belakang sofa. Namun, jika Anda tidak ingin memisahkan ruangan dengan sofa, Anda dapat memilih sofa tanpa "punggung".

Perabotan mungil

Selain itu, jika ruangan Anda terbatas, maka tidak ada salahnya Anda memilih perabotan berukuran kecil. Alih-alih menggunakan sofa besar, Anda bisa memilih love seat lebih kecil.

Gunakan juga dua meja kecil atau nightstand untuk menggantikan meja kopi. Jangan lupa, kaca dan perabotan bening juga membantu Anda untuk membuat ruangan terasa lebih besar. Selamat mendekor dengan "paket hemat"!

Baca juga: Inilah... Reputasi Gedung Megah yang Anjllok di Mata Publik!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com