Minggu, 31 Agustus 2014
MENATA KAMAR
Warna-warna Dingin untuk Kamar Anak
Penulis : Tabita Diela | Selasa, 15 Januari 2013 | 16:30 WIB
|
Share:
www.decoist.com
Warna putih mampu memantulkan 80 persen cahaya. Karena itulah, ruangan dengan warna putih terasa lebih terang dan besar ketimbang ruangan yang dicat dengan warna lain.

KOMPAS.com - Umumnya, warna-warna hangat condong memberikan rasa hangat, suasana intim, dan relaksasi. Ini sangat berbeda dengan warna-warna dingin.

Warna-warna hangat cenderung bersifat intens dan mampu menstimulasi orang yang melihatnya. Sementara warna-warna dingin memiliki efek menenangkan untuk diaplikasikan di kamar anak Anda.

Warna ini berada di sisi biru dalam color wheel. Meskipun memiliki efek menenangkan, warna yang terlalu gelap justru cenderung "menekan" orang yang melihatnya. Anda yang menginginkan kamar anak Anda terkesan dingin, menenangkan, tampak lebih luas, dan elegan bisa memilih warna-warna ini.

Biru

Warna biru seringkali diasosiasikan dengan kedamaian, kedalaman perasaan, sensitivitas, kebijaksanaan, kepercayaan diri, dan stabilitas. Biru merupakan warna yang mampu melambatkan susunan syaraf manusia dan menciptakan efek menenangkan. Warna ini mempersiapkan badan untuk tidur, karena ia mampu melembutkan ruangan terang-benderang dan membuat orang di dalamnya merasa tenang.

Namun, warna biru yang terlalu gelap dapat memberikan efek sama dengan hitam, yaitu terlalu banyak menyerap cahaya dan menyedot energi Anda.

Hijau

Sementara itu, warna hijau disebut-sebut mampu menghimpun kepercayaan diri, harapan, dan memberikan ketenangan. Selama warna hijau tidak terlalu gelap, warna ini dapat menjadi warna yang menyegarkan.

Anda juga bisa menggabungkan warna-warna "hangat" seperti merah dan oranye dengan warna ini.

Ungu

Warna ungu mengkombinasikan stabilitas biru dan energi dari warna merah. Sayangnya, warna ungu tua dapat menimbulkan rasa sedih dan frustasi.

Namun, jika tetap ingin memilih warna ungu, ada baiknya Anda memilih warna ungu muda. Warna ini dapat memberikan rasa damai, romantis, dan nostalgia. Apalagi, nuansa ungu muda cocok menjadi pilihan kamar anak yang feminin.

Putih

Warna putih juga bisa menjadi pilihan kamar anak Anda. Warna ini seringkali diiidentikkan dengan perdamaian, kepercayaan, kebahagiaan, kebersihan, dan kemurnian. Warna ini memantulkan 80 persen cahaya. Karena itulah, ruangan dengan warna putih terasa lebih terang dan besar ketimbang ruangan yang dicat dengan warna lain.

Cat putih di kamar anak Anda sebenarnya pilihan yang baik. Berbagai dekorasi penuh warna dapat tampil cantik di dalam kamar tersebut. Hanya, sayangnya warna ini mudah kotor.

Tanah

Terakhir adalah warna-warna tanah seperti abu-abu, coklat, dan krem. Warna-warna ini cocok bagi anak-anak hiperaktif. Warna ini menciptakan rasa hangat, nyaman, dan relaksasi.

Sumber :

Editor :
Latief