Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buktikan, Eksterior Hitam Tak Selalu Kelam!

Kompas.com - 03/01/2013, 14:12 WIB

KOMPAS.com - Memiliki rumah berukuran mungil tidak secara otomatis membatasi pilihan Anda. Anda dapat membuat rumah mungil tampak lebih besar dan bergaya dengan trik ini. Desainer-desainer edgy dan para pengembang realestat di Los Angeles kini mengecat rumah-rumah berukuran mini dengan warna hitam.

Trik tersebut rupanya tidak hanya membuat rumah tampak menonjol, namun juga membuatnya tampak apik. Terlebih, ketika semua detail konstruksi memiliki warna yang sama, mata hanya akan terfokus pada desain.

Dengan bentuk konstruksi modern, efek cat hitam akan memberikan kesan minimalis dan "bersih". Bukan hanya rumah-rumah minimalis, rumah bergaya klasik seperti Victoria dan rumah bergaya Spanyol juga tampil cantik dengan warna hitam. Warna hitam membuat rumah bergaya Victoria tersebut tampak anggun.

Black house atau rumah hitam telah menjadi tren sejak 2007 lalu di San Francisco. Sejak saat itu, cat hitam yang menutupi seluruh rumah tanpa ada "intervensi" dari warna lain justru membuat rumah tampak menarik.

Rumah bergaya Victoria tersebut sebenarnya hanya sebuah rumah berukuran kecil, namun cat hitam membuatnya tampak megah. Fasad hitam rumah ini memiliki padanan yang berimbang. Padanan tersebut berupa garasi yang berwarna lebih terang. Karena sifat warnanya yang cenderung netral, warna hitam dapat bersanding dengan hampir semua warna. Bahkan, warna hijau lemon dapat menjadi pemanis untuk rumah yang diselimuti cat hitam.

Namun, jika Anda belum berani, cobalah kembali mencari referensi dan contoh-contoh rumah yang sudah berani menggunakan warna hitam. Jangan ragu lagi, cobalah hitam yang tidak kelam untuk rumah Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com