Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jero: TDL Naik, Pengusaha Tak Akan Jatuh

Kompas.com - 27/12/2012, 22:25 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri ESDM Jero Wacik meyakini kenaikan tarif dasar listrik (TDL) per tiga bulan pada 2013 tidak akan menimbulkan gejolak di dunia usaha. Menurut Jero, akan diatur besaran kenaikan dalam usaha tertentu.

"Saya sudah mengundang mereka (pengusaha). Untuk pengusaha, sudah dibikin stratanya. Misalnya perusahaan tertentu naiknya banyak, perusahaan garmen dikecilkan," kata Jero di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (27/12/2012).

Jero mengatakan, pengusaha akan selalu mengaku kenaikan TDL akan memberatkan. Hanya saja, dia meyakini kenaikan TDL tidak akan berimbas pada kebangkrutan usaha. "Tidak akan jatuh lah," kata dia.

Seperti diberitakan, TDL akan naik 15 persen dalam setahun. Kenaikan akan dilakukan per tiga bulan dimulai per 1 Januari 2013. Kenaikan tidak akan dilakukan terhadap pelanggan yang memiliki daya 450 VA dan 900 VA.

DPR menyetujui usulan pemerintah mengalokasikan dana subsidi untuk listrik tahun 2013 sebesar Rp 78,63 triliun. DPR menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah soal mekanisme kenaikan TDL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com